Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game-game PC Bisa Dicoba Gratis di Steam, Ini Daftarnya

Kompas.com - 11/10/2023, 09:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform distribusi game milik Valve, Steam menggelar festival uji coba game gratis yang dinamai "Steam Next Fest", Rabu (11/10/2023).

Festival ini mengajak pemain untuk menjajal ratusan demo dari game terbaru yang belum meluncur. Totalnya, ada sebanyak 1,092 game yang bisa dinikmati pengguna secara cuma-cuma.

Genrenya pun juga bervariasi, mulai dari shooter, strategy, hingga role-playing game (RPG).

Salah satu game yang menarik dicoba adalah RoboCop: Rogue City. Seperti namanya, game tembak-menembak ini mengadaptasi seri film sci-fi aksi keluaran 1987 dengan nama yang sama.

RoboCop: Rogue CitySteam RoboCop: Rogue City
Adapun game ini menghadirkan alur cerita orisinal, yang mana campuran manusia dan robot (cyborg) bernama RoboCop, berusaha menanggulangi deretan kejahatan di kota Detroit, Amerika Serikat. RoboCop masih diperankan oleh Peter Weller, aktor dari film lawas tersebut.

Baca juga: Daftar Game PS5 dan PS4 yang Dirilis Oktober 2023, Ada Spider-Man 2 dan Assassins Creed Mirage

Dari segi gameplay, permainan yang digarap oleh studio Teyon ini mengharuskan pengguna menelusuri kota Detroit yang terbuka, kemudian mencari barang bukti serta menangkap berbagai penjahat.

Para penjahat ini tidak akan menyerah begitu saja. Mereka akan menggunakan senapan api dan robot besar untuk menumpaskan RoboCop.

Oleh karena itu, RoboCop akan melakukan perlawanan dengan menggunakan 20 senjata yang tersedia. Setelah ditangkap, RoboCop akan menginterogasi para penjahat.

Menariknya, game ini juga menghadirkan sistem pilihan yang dilengkapi konsekuensi. Pilihan ini biasanya disisipkan dalam dialog, misalnya saat RoboCop menginterogasi para penjahat. Sistem ini bakal berdampak pada kesuksesan misi RoboCop.

Selain RoboCop: Rogue City, pengguna juga bisa melirik Enshrouded, yakni permainan survival yang dikembangkan tim Keen Games Gmbh. Pengguna berperan sebagai Flameborn, harapan terakhir dari peradaban kuno yang hampir punah.

EnshroudedSteam Enshrouded
Karena hampir punah, pemain memiliki misi penting untuk membangun kembali kerajaan kembali ke masa kejayaannya. Akan tetapi, hal itu sangat sulit dilakukan mengingat pemain tidak memiliki perlengkapan, peralatan, atau senjata.

Dengan kata lain, pengguna harus memulai perjalanan ini dari nol. Gamer akan menebang pohon, mengumpulkan material, dan melakukan crafting ala game Minecraft.

Pemain juga akan memburu hewan demi mengisi perut setiap harinya, dan kemudian membangun rumah untuk beristirahat.

Baca juga: Daftar Game Baru yang Rilis Oktober 2023, Ada Marvels Spider-Man 2

Seiring berjalannya waktu, pemain akan menjadi lebih kuat dan bisa menggunakan berbagai senjata, mulai dari tongkat sihir, busur panah, hingga pedang serta perisai. Pengguna pun bisa memanfaatkan skill tree agar lebih kuat.

Enshrouded juga mengimplementasi fitur multiplayer hingga 16 pemain, sehingga kerja sama bisa dilakukan untuk mengembalikan kejayaan Flameborn.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com