Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matikan Aplikasi Mengganggu di HP Oppo A58 dengan Focus Mode

Kompas.com - 30/10/2023, 16:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A58 memiliki sebuah fitur produktivitas yang dijuluki Focus Mode. Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk meningkatkan fokus pengguna ketika bermain atau mengerjakan sesuatu dengan ponsel.

Peningkatan fokus ini dilakukan dengan cara mengunci sejumlah aplikasi yang bisa mengganggu pekerjaan kita untuk sementara waktu.

Ketika kita mengaktifkan Focus Mode, maka beberapa aplikasi tidak akan bisa kita buka, kecuali fitur tersebut dimatikan.

Baca juga: Oppo A98 Bisa Hapus Lokasi dan Detail Informasi Foto Sebelum Dikirim

Dengan begitu, aplikasi-aplikasi tersebut tidak mengganggu dan kita bisa fokus dengan apa yang kita sedang kerjakan di ponsel. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur Focus Mode di Oppo A58?

Pertama-tama, buka daftar ikon notifikasi dengan mengusap (swipe) layar bagian atas ke arah bawah. Lalu, cari dan pilih ikon "Focus Mode'.

Kemudian, pengguna akan diantarkan ke tampilan pengaturan Focus Mode. Di sini, pilih aplikasi yang ingin dikunci atau dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Apabila sudah memilih aplikasi, klik tombol "Turn On Now" untuk mengaktifkan fitur Focus Mode.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Oppo A58 4G, Layar Besar tetapi Ramping dan Ringan

Cara mengaktifkan fitur Focus Mode di Oppo A58.Kompas.com/BILL CLINTEN Cara mengaktifkan fitur Focus Mode di Oppo A58.

Untuk menonaktifkan fitur ini, pilih ikon "Focus Mode" di dalam daftar ikon notifikasi di bilah notifikasi dan klik "Turn Off Now" pada tampilan selanjutnya. Jika Focus Mode ingin dijeda, klik "Take a Break".

Perlu dicatat, Focus Mode tidak akan mencopot (uninstall) aplikasi yang dipilih, melainkan hanya menonaktifkannya saja.

Baca juga: 5 Aplikasi Penghalau Gagal Fokus saat Kerja agar Lebih Produktif

Ketika pengguna membuka aplikasi yang sedang dinonaktifkan, maka mereka akan disuguhkan dengan tampilan jendela pop up yang mengatakan bahwa fitur Focus Mode sedang menyala.

Dalam jendela pop up ini, pengguna bisa mengeklik tombol "Use App for 5 Minutes" untuk memakai aplikasi tersebut untuk beberapa saat, jika harus membuka aplikasi itu untuk kepentingan mendesak.

Nah, pengguna yang ingin menjajal Focus Mode bisa membeli Oppo A58 dengan harga Rp 2,5 juta (6 GB/128 GB) atau Rp 2,8 juta (8 GB/128 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com