Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganti Tombol Google Assistant di Oppo A58 Jadi Tombol Power

Kompas.com - 25/09/2023, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai ponsel Oppo terbaru, termasuk Oppo A58 dibekali dengan sebuah tombol pintasan atau shortcut untuk "memanggil" Google Assistant

Nah, di Oppo A58, tombol Google Assistant juga bisa dialihfungsikan sebagai tombol power yang berfungsi mematikan, menghidupkan, atau me-restart perangkat.

Dengan begitu, pengguna tak perlu repot menekan tombol Google Assistant dan volume atas untuk sekadar mematikan atau restart ponsel Oppo. 

Cara mengganti fungsi tombol Google Assistant jadi tombol power di Oppo A58 bisa dibilang cukup mudah, dan caranya bisa dilihat dalam langkah-langkah berikut ini:

Baca juga: Kelebihan Speaker di Oppo A38, Volume Bisa Digenjot 300 Persen

Cara mengganti tombol Google Assistant di Oppo A58 jadi tombol power.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengganti tombol Google Assistant di Oppo A58 jadi tombol power.

  • Pertama-tama, pergi ke menu pengaturan atau "Settings". 
  • Lalu, pilih menu "Additional settings". 
  • Kemudian, pergi ke ke menu "Power Button". 
  • Selanjutnya, pilih menu "Press and hold the power button".
  • Setelah itu, pilih opsi "Power Menu" untuk mengubah fungsi tombol untuk mematikan atau menyalakan perangkat. 

Apabila fungsi sudah diganti jadi Power Menu, maka tombol yang tadinya akan memunculkan Google Assistant, akan memunculkan menu daya seperti mematikan perangkat (Power Off) atau mematikan dan menyalakannya kembali (restart).

Perlu dicatat, tombol yang secara awal (default) berfungsi sebagai tombol Google Assistant ini akan tetap berfungsi sebagai tombol untuk menyalakan perangkat, apabila ponsel dalam keadaan mati. 

Baca juga: Cara Screenshot HP Tanpa Tombol di Oppo A98

Jika ponsel sudah dihidupkan dan fungsi tombol tidak diganti, maka tombol ini secara default akan memiliki fungsi sebagai pintasan Google Assistant. 

Di Oppo A58, secara default, pengguna bisa memunculkan menu daya (Power Off dan Restart tadi) dengan cara menekan tombol Google Assistant dan volume atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com