Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung One UI 6.0 Android 14 Resmi Hadir di Indonesia, Begini Cara Update-nya

Kompas.com - Diperbarui 04/11/2023, 06:59 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem antarmuka (User Interface/UI) Samsung OneUI 6.0 berbasis Android 14, resmi hadir di Indonesia, Jumat (3/11/2023).

Pantauan KompasTekno, OneUI 6.0 terbaru ini hadir lebih dulu untuk pengguna Samsung S23 series, meliputi Samsung Galaxy S23, Samsung Galaxy S23 Plus, dan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Samsung Galaxy S23 Ultra yang kami gunakan, juga sudah kebagian OneUI 6. OneUI 6.0 di Samsung S23 series hadir dengan nomor firmware S918BXXU3BWJM/S918BOLE3BWJM/S918BXXU3BWJM dan memiliki ukuran 3.071,73 MB, alias 3,07 GB.

Di OneUI 6.0, Samsung merombak sejumlah tampilan. Salah satunya tampilan panel control. Ikon-ikon di menu kontrol sebelumnya memiliki bentuk lingkaran dan disusun dengan format 3x4.

Di bagian atasnya, terdapat informasi waktu dan tanggal yang cukup besar, sedangkan bagian bawahnya terdapat bar untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Pengguna juga dapat menggeser menu kontrol untuk mengakses ikon pengaturan yang lain.

Kini, tampilan OneUI 6.0 yang baru dibuat lebih padat dengan warna latar transparan. Ikon menu Wi-Fi dan Bluetooth dibuat terpisah dengan ikon kontrol yang lain, tidak disatukan dalam satu panel.

Baca juga: Daftar 31 HP Samsung yang Kebagian OneUI 6.0 Android 14

OneUI 6 juga menyediakan panel brightness yang dipisah dengan panel lain. Pengguna dapat menggeser tombol untuk mengatur kecerahan layar, mengaktifkan mode gelap langsung di bawah tombol dengan lebih cepat.

Bagian bawah tombol brightness ada pula tombol untuk mengatur perangkat pintar yang terpasang di rumah, mulai dari sepaker, televisi, dan sebagainya.

Tangkapan layar (screenshot) Samsung OneUI 6.0 yang sudah resmi di IndonesiaKOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar (screenshot) Samsung OneUI 6.0 yang sudah resmi di Indonesia

Fitur baru OneUI 6

(kiri-kanan) Tampilan panel kontrol Samsung OneUI versi lama dengan versi terbaruKOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto (kiri-kanan) Tampilan panel kontrol Samsung OneUI versi lama dengan versi terbaru
Kamera

Samsung juga memungkinkan pengguna menentukan mode kamera dan folder penyimpanan mana yang akan dipakai sebelum memotret.

Pengguna juga diberi kontrol untuk menentukan tata letak dari tanda air (watermark) yang muncul di foto, seperti memosisikan watermark di bagian atas atau bawah foto.

Baca juga: Samsung Resmi Rilis Antarmuka OneUI 5.1.1, Tablet dan Ponsel Lipat Lama Kebagian

Samsung menghadirkan pengaturan FPS secara otomatis untuk memudahkan pengguna melakukan perekaman.

Fitur Auto FPS ini terdiri dari tiga opsi, pengguna bisa memilih untuk menonaktifkannya, menggunakan frame rate 30 fps, atau menggunakan dua fps (30 fps dan 60 fps) sekaligus.

Pengguna juga dapat menggunakan gestur baru untuk mengganti kamera yang ingin dipakai. Jika saat itu pengguna menggunakan kamera belakang, lakukan gestur geser (swipe) ke atas atau ke bawah untuk beralih ke kamera depan.

Gallery

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com