Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmi Rilis Antarmuka OneUI 5.1.1, Tablet dan Ponsel Lipat Lama Kebagian

Kompas.com - 17/08/2023, 16:04 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi menggulirkan antarmuka (user interface/UI) OneUI versi 5.1.1 secara global. Pembaruan ini ditujukan untuk banyak perangkat, mulai dari smartphone lipat hingga tablet.

Menariknya, pembaruan itu tidak hanya ditujukan untuk perangkat yang rilis tahun lalu, melainkan juga untuk smartphone lipat dan tablet lawas Samsung. Galaxy Z Flip generasi pertama pun kebagian OneUI 5.1.1.

Pada tahap awal, OneUI 5.1.1 dirilis untuk pengguna Galaxy Z Flip 4, Z Fold 4 serta Galaxy Tab S8. Smartphone ini merupakan pendahulu Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 yang rilis tahun ini. Rencananya, OneUI 5.1.1 akan tersedia di Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 bulan ini.

Selanjutnya, pembaruan antarmuka Samsung itu bakal disebarkan ke smartphone lipat lainnya. Tablet lawas Samsung juga akan mendapatkan pembaruan OneUI 5.1.1. Jadwalnya menyusul setelah ponsel lipat dan tablet yang kebagian tahap awal.

Berikut rincian daftar perangkat yang kebagian OneUI 5.1.1, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Kamis (17/8/2023).

Baca juga: Samsung Luncurkan OneUI 6 Beta, Pengguna Galaxy S23 Sudah Bisa Coba

Daftar perangkat yang kebagian One UI 5.1.1

  1. Galaxy Z Flip 4
  2. Galaxy Z Fold 4
  3. Galaxy Z Fold 3
  4. Galaxy Z Flip 3
  5. Galaxy Z Fold 2
  6. Galaxy Z Flip
  7. Galaxy Tab S8
  8. Galaxy Tab S8+
  9. Galaxy Tab S8 Ultra
  10. Galaxy Tab S7
  11. Galaxy Tab S7 Plus
  12. Galaxy Tab S7 FE
  13. Galaxy Tab S6 Lite

Fitur One UI 5.1.1

OneUI 5.1.1 menghadirkan sejumlah ftur menarik yang dimiliki oleh lini seri ponsel lipat baru perusahaan, yaitu Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5 hingga tablet baru Galaxy Tab S9 series.

Nah, dengan pembaruan ini, deretan ponsel dan tablet yang disebutkan di atas bisa mendapatkan fitur yang ada di produk baru Samsung. Berikut rinciannya:

  • Manajemen panel

Pembaruan OneUI 5.1.1 membawa sejumlah fitur menarik. Salah satunya yaitu panel Flex Mode. Fitur ini akan membuat panel layar menyesuaikan tampilan, khususnya ketika ponsel dilipat.

"Saat ponsel Anda dilipat dalam Mode Flex, ikon panel akan melayang di layar, memungkinkan Anda mengaksesnya dengan mudah," kata Samsung dalam pernyataannya.

Baca juga: Pemilik HP Samsung di Indonesia Bisa Update OneUI 5.1, Apa yang Baru?

Tampilan panel Flex Mode di Samsung Galaxy Z Flip Samsung Tampilan panel Flex Mode di Samsung Galaxy Z Flip

Selain itu, tombol pemutar media juga dibuat lebih menonjol dan lebih mudah diakses ketika panel Flex Mode di aktifkan.

Satu lagi yang tak kalah menarik, pengguna bisa mengatur tombol mana saja yang akan tampil paling depan di panel Flex Mode.

  • Multi Window

Pengguna ponsel lipat dan tablet Samsung akan mendapat fitur Multi Window. Fitur ini memungkinkan pengguna menjelajah internet sambil menonton konten sekaligus.

Ilustrasi tampilan Multi Window di Samsung Galaxy Z FoldSamsung Ilustrasi tampilan Multi Window di Samsung Galaxy Z Fold

Ada pula fitur drag-and-drop, yang memungkinkan pengguna menyalin dokumen semudah di komputer atau laptop. OneUI 5.1.1 juga memungkinkan pengguna untuk drag-and-drop menggunakan dua jari, sehingga lebih mudah memindahkan atau menyalin dokumen di perangkat.

Secara khusus menu Taskbar di Z Fold 4 dan Tab S8 juga akan memungkinkan pengguna beralih ke hingga empat aplikasi yang sering dipakai, dihimpun KompasTekno dari situs resmi Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com