Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Humane Ai Pin, Wearable Pengganti HP yang Bisa Ditempel di Baju

Kompas.com - 11/11/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat software dan hardware berbasis kecerdasan buatan (AI) asal Amerika Serikat (AS), Humane meluncurkan produk AI terbarunya.

Bukan produk biasa, produk mungil yang diberi nama Ai Pin ini merupakan perangkat wearable pengganti smartphone, yang bisa dipasangkan ke baju, kemeja, dan lain sebagainya. 

Perangkat berbentuk kotak kecil yang tak memiliki layar ini diklaim bisa menggantikan fungsi dan tugas smartphone. Kok bisa?

Ai Pin diklaim bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, mengambil foto dan video, mendengarkan musik, melakukan navigasi ketika di perjalanan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mi Band 6 Jadikan Xiaomi Raja Wearable Dunia Kalahkan Apple

Beragam kepentingan ini bisa dilakukan dengan cara memberikan perintah (query) ke Ai Pin yang sudah dilengkapi dengan mikrofon, mirip seperti penggunaan layanan Google Assistant di Google Nest, Siri di HomePod, Alexa di Amazon Echo, dan sejenisnya.

Pengguna perangkat ini tidak perlu mengatakan frasa pembuka macam "OK, Google" atau "Hey, Siri" untuk memanggil asisten digital yang ada di dalam Ai Pin, melainkan hanya menekan area sentuh (touchpad) saja, sembari mengatakan apa yang ingin dilakukan.

Nantinya, suara balasan dari Ai Pin akan keluar dari speaker yang tertanam di perangkat tersebut. Selain melalui mikrofon, perintah suara juga bisa diterima beragam perangkat audio yang tersambung dengan Ai Pin via Bluetooth.

Selain perintah suara biasa, Ai Pin juga diklaim bisa menerjemahkan suara orang lain ke bahasa yang kita mengerti, merangkum segala informasi yang ingin kita cari, atau membacakan artikel dan SMS yang masuk.

Tidak punya layar

Ilustrasi Ai Pin yang sedang memproyeksikan isi dari SMS.Humane Ilustrasi Ai Pin yang sedang memproyeksikan isi dari SMS.

Seperti disebutkan di atas, Ai Pin diciptakan sebagai pengganti smartphone. Namun, perangkat sejatinya ini tidak memiliki layar seperti smartphone. Lantas, bagaimana caranya perangkat wearable ini menjadi pengganti ponsel sehari-hari?

Baca juga: Fitur Google Search Berbasis AI Kini Bisa Dicoba di Indonesia

Humane mengatakan bahwa layar di perangkat ini digantikan dengan sebuah modul yang bisa memproyeksikan gambar via teknologi laser.

Dengan ini, Ai Pin bisa memproyeksikan gambar, seperti menampilkan siapa yang menelepon atau isi dari SMS, ke permukaan padat yang ada di depannya (misalnya telapak tangan).

Untuk mengambil gambar dan merekam video, Ai Pin mengandalkan sebuah kamera berbidang pandang lebar (ultrawide) yang resolusinya belum diketahui.

Ketika sedang merekam video atau audio, lampu indikator yang ada di perangkat ini akan berkedip, sehingga pengguna tahu bahwa perangkat sedang melakukan tugas yang diperintahkan.

Ada juga lampu indikator lainnya yang bisa berkedip untuk memberitahu pengguna ketika ada notifikasi masuk, seperti SMS atau panggilan telepon. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com