Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen-komponen Motherboard dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 13/11/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui komponen Motherboard. Motherboard merupakan salah satu komponen komputer yang memiliki fungsi cukup penting dalam mengelola komunikasi antar perangkat keras.

Tanpa Motherboard, komponen komputer lain tidak bisa terhubung dan bekerja sama dengan baik. Untuk menjalankan fungsi itu, Motherboard didukung beberapa komponen. Lantas, apa saja komponen Motherboard?

Baca juga: Pengertian Komponen Komputer: Input, Output, Processing, dan Storage Device

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap komponen-komponen yang terdapat pada Motherboard. Jika tertarik untuk belajar lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai komponen Motherboard.

Komponen Motherboard

Untuk diketahui, komputer secara umum terdiri dari empat komponen utama, yaitu input device, processing device, output device, dan storage device. Dari keempat komponen itu, Motherboard termasuk dalam processing device.

Motherboard adalah papan sirkuit utama yang terdapat di dalam sebuah komputer. Motherboard adalah komponen yang memiliki tugas utama untuk mendistribusikan listrik dan memfasilitasi komunikasi antar perangkat komputer ataupun perangkat periferal.

Dalam menjalankan tugas itu, Motherboard terdiri dari beberapa komponen yang secara umum meliputi:

  1. CPU
  2. RAM
  3. Chipset
  4. BIOS
  5. Cooling Fans
  6. Slot ekspansi
  7. SATA Ports
  8. CMOS
  9. Input/Output Ports
  10. Power Connectors
  11. Front Panel Connectors

Setiap komponen pada Motherboard itu memiliki fungsi yang berbeda-beda, tetapi saling bekerja sama untuk menjalankan tugas komputasi. Adapun penjelasan fungsi dari masing-masing komponen Motherboard itu adalah sebagai berikut.

1. CPU

CPU adalah komponen utama yang bertanggung jawab atas tugas pemrosesan data dan menjalankan instruksi-instruksi program. CPU tersedia dalam berbagai model dan. masing-masing memerlukan slot tertentu pada Motherboard.

Untuk diketahui, sebuah CPU dapat memiliki satu atau beberapa core. CPU dengan satu core hanya dapat menjalankan satu tugas pada satu waktu, sedangkan CPU dengan multicore dapat menjalankan beberapa tugas secara bersamaan.

2. RAM

Motherboard menyediakan beberapa slot untuk memasang RAM. RAM merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dan instruksi-instruksi program yang sedang dijalankan.

3. Chipset

Chipset adalah sekelompok sirkuit yang mengelola transfer data antara CPU, RAM, dan perangkat keras lainnya di Motherboard. Perangkat ini yang berfungsi untuk mengelola komunikasi antar perangkat komputer.

Chipset terdiri dari dua jenis, yakni Chipset Northbridge dan Southbridge. Northbridge berfungsi untuk mengelola kecepatan komunikasi antara CPU dengan komponen-komponen lainnya. Chipset ini juga mengontrol komunikasi CPU, RAM, dan perangkat periferal.

Sementara itu, Chipset Southbridge memiliki fungsi untuk mengontrol komponen-komponen lain yang terhubung ke komputer, termasuk komunikasi antara prosesor, BIOS, memori penyimpanan, dan perangkat periferal.

4. BIOS

BIOS merupakan program perangkat lunak yang dapat memberikan instruksi dasar pada komputer saat diaktifkan, termasuk proses booting. BIOS bertanggung jawab untuk mendeteksi komponen-komponen perangkat keras dan memuat sistem operasi komputer.

Pada beberapa Motherboard, BIOS tradisional digantikan oleh UEFI. UEFI memungkinkan komputer untuk boot lebih cepat, menyediakan lebih banyak alat diagnostik, dan menyediakan antarmuka yang lebih efisien antara sistem operasi dan komponen komputer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com