Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Motherboard dan Cara Kerjanya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 11/11/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Fungsi Motherboard kiranya menjadi salah satu hal yang perlu diketahui saat belajar mengoperasikan komputer. Untuk diketahui, komputer secara umum terdiri dari empat komponen utama.

Empat komponen komputer itu meliputi input device, processing device, output device, dan storage device. Dari keempat komponen komputer tersebut, Motherboard termasuk dalam processing device. Lantas, apa yang dimaksud dengan Motherboard?

Baca juga: Pengertian Perangkat Keras Komputer, Lengkap dengan Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Motherboard adalah papan sirkuit utama yang terdapat di dalam sebuah komputer. Motherboard adalah komponen yang memiliki tugas utama untuk mendistribusikan listrik dan memfasilitasi komunikasi antar perangkat komputer ataupun perangkat periferal.

Motherboard menjadi tulang punggung utama proses komunikasi antar perangkat CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), memori penyimpanan, dan seluruh komponen lain dari perangkat keras komputer.

Motherboard dapat ditemukan di hampir semua komputer, terutama desktop PC dan laptop. Komponen komputer yang terhubung di Motherboard antara lain, seperti CPU, memori, GPU, Ethernet Card (kartu internet), dan Audio Card (kartu audio).

Di dalam sebuah komputer, Motherboard memiliki fungsi yang cukup penting. Tanpa Motherboard, komponen komputer tidak dapat bekerja secara terpadu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui fungsi Motherboard dalam komputer.

Lantas, apa fungsi dari Motherboard pada sebuah komputer? Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai fungsi Motherboard yan perlu diketahui.

Fungsi Motherboard

Secara umum, Motherboard memiliki fungsi utama untuk mengelola hubungan atau komunikasi antar komponen yang terdapat pada komputer, supaya bisa berjalan secara terpadu. Adapun beberapa fungsi Motherboard adalah sebagai berikut:

  • Mengatur aliran data dan menyediakan jalur komunikasi antar semua komponen komputer, seperti CPU, RAM, dan perangkat keras lainnya.
  • Mendistribusikan listrik ke semua komponen yang memerlukan daya, termasuk CPU, RAM, dan GPU.
  • Menyediakan slot ekspansi untuk menghubungkan perangkat tambahan pendukung pada komputer, seperti monitor, keyboard, speaker, dan lainnya.
  • Menyediakan soket untuk CPU agar dapat terpasang dengan aman dan terhubung secara efisien ke komponen lainnya.
  • Mengelola sinyal dari perangkat input seperti keyboard, mouse, dan lainnya.
  • Menyediakan dukungan firmware komputer untuk menjalankan perintah dasar seperti BIOS (Basic Input Output System) dan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface), yang memungkinkan komputer dapat booting.

Itulah beberapa fungsi Motherboard. Untuk menjalankan fungsi-fungsi itu, Motherboard didukung dengan beberapa komponen. Lalu, apa saja komponen Motherboard? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah komponen Motherboard.

Komponen Motherboard

1. CPU

CPU adalah komponen utama yang bertanggung jawab atas tugas pemrosesan data dan menjalankan instruksi-instruksi program. CPU tersedia dalam berbagai model dan. masing-masing memerlukan slot tertentu pada Motherboard.

Untuk diketahui, sebuah CPU dapat memiliki satu atau beberapa core. CPU dengan satu core hanya dapat menjalankan satu tugas pada satu waktu, sedangkan CPU dengan multicore dapat menjalankan beberapa tugas secara bersamaan.

2. RAM

Motherboard menyediakan beberapa slot untuk memasang RAM. RAM merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dan instruksi-instruksi program yang sedang dijalankan.

3. Chipset

Chipset adalah sekelompok sirkuit yang mengelola transfer data antara CPU, RAM, dan perangkat keras lainnya di motherboard. Perangkat ini yang berfungsi untuk mengelola komunikasi antar perangkat komputer.

Chipset terdiri dari dua jenis, yakni Chipset Northbridge dan Southbridge. Northbridge berfungsi untuk mengelola kecepatan komunikasi antara CPU dengan komponen-komponen lainnya. Chipset ini juga mengontrol komunikasi CPU, RAM, dan perangkat periferal.

Sementara itu, Chipset Southbridge memiliki fungsi untuk mengontrol komponen-komponen lain yang terhubung ke komputer, termasuk komunikasi antara prosesor, BIOS, memori penyimpanan, dan perangkat periferal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com