Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Feed dan Reels Instagram Kini Punya Opsi "Close Friends", Indonesia Kebagian

Kompas.com - 15/11/2023, 14:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi jejaring sosial milik Meta, Instagram akhirnya memperluas fitur teman dekat alias "Close Friends" ke feed dan Instagram Reels. Fitur ini sebelumnya hanya bisa digunakan ketika berbagi foto/video di Instagram Stories.

Kabar kehadiran opsi Close Friends di feed dan IG Reels ini diumumkan Zuckerberg lewat Meta Channel di Instagram, Rabu (15/11/2023).

"Berbagi bersama teman dekat kini diperluas ke feed dan Reels. Lebih banyak tipe posting bisa dibagika ke grup yang lebih kecil," tulis Zuckerberg.

Selama ini, fitur Close Friends sering digunakan pengguna untuk berbagi cerita (Stories) yang mungkin tidak ingin dilihat oleh semua pengikutnya. Fitur Close Friends pertama kali dirilis Instagram pada 2018.

Setelah lima tahun, fitur Close Friends akhirnya diperluas. Pengguna kini bisa mengunggah foto/video di feed dan Instagram Reels khusus untuk teman-teman pilihan saja.

Pantauan KompasTekno, Rabu siang, fitur Close Friends di feed dan IG Reels sudah tersedia dan bisa dijajal pengguna di Indonesia lewat aplikasi Instagram versi 309.0.0.40.113 di ponsel Android.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Shared List Hadir di Indonesia, Bagikan IGS ke Banyak Circle

Pengguna kini bisa mengunggah foto/video feed dan Instagram Reels untuk Close Friends.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pengguna kini bisa mengunggah foto/video feed dan Instagram Reels untuk Close Friends.
Cara kerja opsi Close Friends di feed dan IG Reels ini sama persis dengan di Instagram Stories. Ketika ingin upload feed atau IG Reels, pengguna kini akan melihat opsi baru "Audience" yang terletak di antara "Tag people" dan "Add music".

Saat diklik, pengguna yang akunnya bersifat publik akan disajikan dua opsi "Everyone" dan "Close Friends". Sementara pengguna yang akunnya privat akan melihat opsi "Followers" dan "Close Friends".

Pilih opsi Close Friends untuk membagikan foto/video feed atau IG Reels ke teman-teman dekat saja. Seperti di IG Stories, seluruh konten yang dibagikan dengan opsi Close Friends hanya bisa dilihat oleh pengguna yang terdaftar di lis Close Friends pengguna.

Pengguna bisa melihat, menambahkan, dan menghapus orang dari daftar Close Friends, dengan mengeklik ikon "X people >".

Baca juga: 3 Trik Mengetahui Akun Instagram Kita Di-Mute Orang Lain

Tampilan foto/video yang dibagikan untuk Closer Friends akan memiliki bintang berwarna hijau di profil pengguna.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan foto/video yang dibagikan untuk Closer Friends akan memiliki bintang berwarna hijau di profil pengguna.
Instagram menyatakan bahwa pengaturan fitur Audience ini tidak akan memengaruhi privasi akun Instagram seseorang, atau mengubah preferensi berbagi konten di Facebook.

Setelah mengubah setelan Audience ke "Close Friends", pengguna bisa menambahkan caption, lokasi, musik, tag, dan upload seperti biasa. Setelah terunggah, seluruh foto/video yang dibagikan lewat opsi Close Friends akan memiliki penanda bintang berwarna hijau khas Close Friends.

Instagram juga menegaskan bahwa pengguna lain yang masuk daftar Close Friends akan bisa melihat username, like, dan komentar di posting pengguna.

Dengan begitu, daftar Close Friends pengguna tidak "serahasia" dulu lagi. Pasalnya, saat Close Friends hanya tersedia untuk Instagram Stories, hanya pemilik daftar Close Friends saja yang bisa melihat orang yang ditambahkan ke daftar teman dekat.

Baca juga: Cara Bikin Shared List Instagram, Bagikan IG Stories ke Circle Lain di Luar Close Friends

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com