Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chatbot AI Bing Ganti Nama Jadi Copilot, Punya Domain Sendiri Mirip ChatGPT

Kompas.com - 16/11/2023, 08:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Microsoft, resmi mengganti nama (rebrand) chatbot berbasis keceradan buatan (AI) "Bing Chat" menjadi "Copilot".

"Bing Chat dan Bing Chat Enterprise kini akan menjadi Copilot,” kata Colette Stallbaumer, manajer umum Microsoft 365.

Perubahan nama chatbot AI Microsoft ini diumumkan Stallbaumer di panggung acara "Microsoft AI Ignite" yang diselenggarakan Rabu (15/11/2023).

Microsoft Ignite adalah ajang kumpul-kumpul tahunan untuk pengembang dan profesional TI untuk membahas perubahan di Windows, Microsoft 365, dan Azure yang akan berdampak pada bisnis.

Setelah rebranding, pengguna bisa mengakses chatbot AI "Copilot" lewat mesin pencarian (search engine) Bing dan Google, browser Microsoft Edge, dan Windows 11.

Chatbot AI Copilot milik Microsoft kini juga memiliki domain khusus "copilot.microsoft.com" untuk memudahkan akses pengguna di search engine.

Sebelumnya, pengguna harus masuk ke bing.com untuk menggunakan chatbot Bing AI, baik ketika di browser Microsoft Edge maupun Google Chrome.

Baca juga: Asisten AI Copilot Resmi Hadir di Windows 11

Domain baru ini membuat Copilot semakin mirip chatbot AI pesaing, seperti ChatGPT (chat.openai.com) dan Google Bard (bard.google.com).

Dengan domain khusus, Copilot bisa dinikmati secara mandiri, sehingga pengguna tidak perlu lagi menavigasi ke Bing untuk mengaksesnya. Kini, Bing hanyalah salah satu tempat untuk mengakses Copilot.

Tampilan baru

Chabot AI Copilot membawa tampilan dan pintasan baru ketika diakses lewat copilot.microsoft.com. Misalnya, dari latar belakang yang sebelumnya didominasi warna biru ala "Bing", kini berganti menjadi abu-abu muda.

Copilot juga memiliki logo baru seperti bentuk heksagon asimetris dengan gradasi warna pelangi. Sebelumnya Bing Chat hanya diwakili loko gelembung obrolan berwarna biru.

Di halaman muka Copilot, pengguna juga disajikan beragam pintasan perintah, seperti untuk membuat banyolan, menulis ringkasan, membuat lagu, membandingkan sesuatu, mendapatkan rekomendasi tempat wisata, hingga menulis kode program.

Pengguna tetap bisa mengajukan pertanyaan/perintah lewat kolom "Ask me anything...". Tak hanya teks, pengguna kini juga bisa menginput gambar ke Copilot.

Bing AI hanya bertahan 9 bulan

Tampilan chatbot AI Bing Chat di browser desktop Google Chrome.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan chatbot AI Bing Chat di browser desktop Google Chrome.
Penggunaan nama Bing Chat ini terbilang masih baru, belum genap setahun. Microsoft pertama kali memperkenalkan Bing Chat pada awal Februari 2023 (9 bulan lalu), sebagai bagian dari Bing versi baru.

Kehadiran Bing versi baru tersebut diyakini sebagai eksekusi dari ambisi Microsoft untuk menyaingi Google Search dengan chatbot AI Google Bard. Pasalnya, Bing Chat diperkenalkan hanya selang sehari setelah Google memperkenalkan Bard.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com