Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Sepeda Motor, Polytron Akan Bikin Mobil Listrik

Kompas.com - 15/11/2023, 15:39 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polytron pada tahun 2021 lalu mulai melebarkan sayap ke industri kendaraan listrik (electric vehicle, EV) lewat produk berupa sepeda motor listrik. Belakangan, pabrikan elektronik ini memastikan akan turut membuat mobil listrik.

Hal tersebut diungkapkan oleh General Manager Business Development Polytron, Joegianto, dalam wawancara dengan sejumlah jurnalis di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

"Pasti (Polytron) akan masuk ke roda empat. Rencananya awal tahun depan perkenalan resmi bahwa Polytron bakal membuat mobil listrik," ujar Joegianto.

Kendati demikian, untuk saat ini, Joegianto mengaku belum bisa memaparkan lebih jauh tentang detil teknis dari produk mobil listik yang bakal dibuat oleh Polytron karena masih dalam tahap riset dan pengembangan (RnD/research and development).

Baca juga: Kalau Mau Buat Chip Sendiri, Indonesia Harus Mulai Sekarang

Proses RnD itu disebutnya membutuhkan waktu cukup lama karena ada banyak aspek yang harus diuji, seperti ketahanan, tipe baterai, dan juga keamanan.

"Kami juga harus menjalin kemitraan dengan pemasok komponen. Selain baterai ada juga powertrain, sasis, dan lain-lain" tutur Joegianto, sambil menambahkan bahwa mobil listrik Polytron nantinya pasti akan memenuhi persyaratan komponen lokal (TKDN) 40 persen.

Incar segmen mobil "sejuta umat"

Menurut Joegianto, meskipun desain akhirnya juga belum final, konsep EV roda empat Polytron nantinya akan berupa mobil keluarga, multi-purpose vehicle (MPV) seperti Avanza dari Toyota.

Alasannya tak lain karena pertimbangan bisnis. Segmen MPV yang dinilai memiliki banyak peminat di Indonesia. Dengan demikian, potensi pasarnya juga besar.

"Pasti jenisnya 'sejuta umat', karena market-nya gede. At least yang beli juga banyak. Orang Indonesia itu doyan traveling bersama keluarga, jadi mobilnya harus yang bisa muat banyak," imbuh Joegianto.

Baca juga: Bikin Heboh! Polytron Luncurkan Monitor Gaming dengan Pengalaman Bermain Imersif

Untuk langkah awal, lanjut Joegianto, Polytron akan memfokuskan produk mobil listriknya di segmen MPV tersebut, bukan segmen lain seperti sedan atau hatchback kecil macam Wuling Air Ev.

Bagaimana dengan jarak tempuh baterainya? Joegianto mengaku belum bisa mengungkapkan target range dari mobil listrik Polytron nanti. "Itu tergantung powertrain dan baterai, seberapa besar baterai yang mau kita gendong," ucapnya.

Sama-sama dari titik nol

Polytron sebenarnya dikenal sebagai pabrikan elektronik rumah tangga seperti televisi, AC, hingga kulkas yang telah berkiprah selama 48 tahun sejak 1975.

Perusahaan Indonesia yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah ini belakangan terjun ke bisnis electric vehicle lantaran melihat peluang untuk menangkap pasar yang belum didominasi oleh para pemain besar di industri otomotif tradisional.

Joegianto mengibaratkan bahwa para pelaku di industri EV sama-sama memulai dari "titik nol", termasuk para pabrikan raksasa yang dominan di ranah kendaraan combustion. Dengan demikian, ada level playing field yang bisa dimanfaatkan oleh pemain baru seperti Polytron.

Baca juga: Pengalaman Membeli dan Memasang STB Polytron untuk Nonton Siaran TV Digital

"Ini kesempatan yang tidak akan datang lagi dalam puluhan tahun ke depan. Perusahaan-perusahaan lain mengembangkan EV, kenapa kita nggak ikut? Polytron melihatnya sebagai peluang untuk diferensiasi produk," ujar Joegianto.

Polytron ikut memeriahkan ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023, di ICE BSD City, Tangerang, dengan memperkenalkan program sewa baterai untuk motor listrik Fox-R.KOMPAS.com/Gilang Polytron ikut memeriahkan ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023, di ICE BSD City, Tangerang, dengan memperkenalkan program sewa baterai untuk motor listrik Fox-R.

Polytron pun memulai kiprahnya di industri EV pada 2022 dengan meluncurkan dua produk motor listrik, yakni Polytron Evo dan Fox-R. Produk ketiga, Polytron T-Rex, sedang disiapkan dan dijanjikan hadir dalam waktu dekat.

Untuk memasarkan produk-produk EV buatannya, Polytron menggunakan jaringan distribusi sendiri. Service center dibuat menyatu dengan network toko elektronik, bersama dengan produk-produk lainnya dari Polytron.

"Saat ini kami benar-benar push semua engineering untuk lari ke otomotif," pungkas Joegianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com