Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kamera HP Vivo V29 di Singapura, Bisa Efek ala Gen-Z

Kompas.com - 16/11/2023, 09:15 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Vivo V29 5G resmi dirilis di Indonesia awal September lalu. Ponsel kelas menengah (mid-range) ini mengunggulkan sektor fotografinya yang antara lain dibekali fitur “Aura Light Portrait with Smart Lighting Control”.

Fitur tersebut diklaim dapat menghasilkan kualitas foto layaknya profesional, walau dalam kondisi minim cahaya. Kamera belakang Vivo V29 terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.88, OIS), kamera ultra wide 8 MP (f/2.2), dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4).

Guna menguji kebolehan kameranya, jurnalis KompasTekno Caroline Saskia mencoba memotret suasana malam di Singapura menggunakan Vivo V29 5G.

Baca juga: Vivo V29 5G: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Selain mampu menghasilkan jepretan yang terlihat apik, kamera Vivo V29 ternyata juga bisa dipakai untuk memotret foto yang sedang tren di kalangan anak muda "Generasi-Z" atau Gen-Z belakangan ini.

Misalnya, anak-anak muda kerap mengunggah foto wajah yang diburamkan secara sengaja. Nah, pengguna Vivo V29 bisa menghasilkan foto tersebut dengan mudah seperti contoh di bawah.

Hasil foto kamera Vivo V29 yang memadukan teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control dengan mode ProKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto kamera Vivo V29 yang memadukan teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control dengan mode Pro
Untuk menghasilkan foto yang diburamkan secara sengaja, mode “Pro” harus terlebih dulu diaktifkan agar kecepatan rana (shutter speed) bisa diatur ke angka rendah, misalnya 1/5 detik.

Baca juga: Vivo Y200 Meluncur, Bawa Fitur Warisan dari Vivo V29

Shutter speed rendah Inilah yang membuat sebagian area foto buram karena motion blur. Sebab, subyek bergerak saat kamera sedang menangkap gambar. Untuk memburamkan bagian tubuh tertentu, cukup gerakkan saja saat dipotret, misalnya menengokkan wajah.

Langkah-langkah selengkapnya adalah sebagai berikut.

Cara mengaktifkan mode Pro di kamera Vivo V29KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cara mengaktifkan mode Pro di kamera Vivo V29

  • Buka aplikasi kamera.
  • Geser menu kamera sampai menemukan tulisan "More" dan pilih Pro.
  • Jika sudah aktif, pengguna bisa melihat ada deretan ikon pengaturan kamera. Mulai dari ISO, Shutter Speed, White Balance, dan sebagainya.
  • Klik ISO dan ubah ke angka kecil agar gambar tidak terlalu terang saat shutter speed dikurangi.
  • Setelah itu klik ikon "S" dan pilih 1/5". Angka ini merujuk pada satuan detik dalam satu jepretan. Misalnya, angka "1/5" menunjukkan satu jepretan membutuhkan durasi waktu seperlima detik. Semakin rendah angkanya, maka gambar akan semakin terang. Seimbangkan dengan cara mengubah ISO.
  • Jangan memilih angka yang terlalu rendah seperti 1 detik karena keseluruhan gambar berpotensi menjadi buram dari gerakan tangan Anda sendiri ketika memotret
  • Idealnya, pegang ponsel sestabil mungkin dengan tangan sambil bersandar ke tembok, atau pakailah tripod.
  • Minta model Anda menggerakkan bagian tubuh yang ingin diburamkan persis setelah tombol shutter ditekan. Bisa juga dengan terus menerus menggerakannya sambil Anda menjepret beberapa kali.

Aura Light Portrait dan efek Bokeh

Vivo V29 juga menyediakan lampu ring light bernama “Aura Light Portrait with Smart Lighting Control” yang terletak persis di bawah deretan kamera belakang.

Baca juga: Tanda-tanda HP Pertama Vivo dengan Chipset Dimensity 9300 Segera Masuk Indonesia

Temperatur cahaya ring light ini bisa diubah-ubah mulai dari putih hingga kuning/ warm untuk menyesuaikan warna subyek dengan lingkungan sekitar, seperti dalam rangkaian foto ini.

Hasil gambar dari kamera Vivo V29 yang menggunakan mode Pro dan teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting ControlKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil gambar dari kamera Vivo V29 yang menggunakan mode Pro dan teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control

KompasTekno juga mencoba fitur lain dari kamera Vivo V29, yaitu foto portrait dengan efek bokeh alias simulasi depth-of-field lensa. Hanya subyek utama yang tampak fokus dan tajam, sementara foreground dan background terlihat buram karena berada di luar area fokus.

Intensitas blur dari bokeh bisa diatur berdasarkan simulasi f-stop (aperture) lensa. Semakin rendah angkanya (mendekati 1 atau 0), maka blur akan semakin kentara. Efek bokeh bisa digunakan untuk menambah estetik foto.

Baca juga: Vivo V29 Lite Resmi, Kembaran Y78 dengan Layar Lengkung

Foto portrait pun bisa tampak lebih indah sementara subyek utama yang tampil tajam langsung menarik perhatian mata dibanding sekelilingnya yang buram. Agar bokeh lebih kentara lagi, dekati subyek Anda hingga mengubah framing menjadi close-up.

Contoh-contoh foto portrait dengan menggunakan efek bokeh di Vivo V29 bisa dilihat di bawah.

Hasil foto VIvo V29 dengan mode Portrait yang ditambah efek bokehKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto VIvo V29 dengan mode Portrait yang ditambah efek bokeh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com