Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartwatch Vivo Watch 3 Resmi Rilis, Pertama dengan Sistem Operasi BlueOS

Kompas.com - 14/11/2023, 11:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Bersamaan dengan debut HP flagship Vivo X100 series, Vivo turut meluncurkan produk wearable berupa arloji pintar (smartwatch), yakni Vivo Watch 2 di China, Senin (13/11/2023).

Perangkat ini merupakan penerus dari Vivo Watch 2 yang dirilis pada Desember 2021. Sebagai penerus, Vivo Watch 3 membawa sejumlah peningkatan besar. Salah satunya sistem operasi terbaru yang dikembangkan Vivo, bernama BlueOS.

Sebelumnya, arloji pintar Vivo Watch generasi pertama dan kedua bergantung pada Proprietary OS atau sistem operasi bikinan pihak ketiga yang tak dirinci.

Ini pertama kalinya Vivo menyematkan sistem operasi BlueOS bikinannya sendiri ke perangkat Vivo Watch 3.

BlueOS berjalan di atas bahasa pemrograman Rust. Sistem operasi terbaru ini mendukung fitur, seperti kunci mobil NFC, kontrol kamera, dukungan kartu ATM virtual untuk transaksi, hingga kode QR untuk menerima pembayaran.

Baca juga: Vendor HP Vivo Bikin OS Mobile BlueOS, Pertama Pakai Bahasa Pemrograman Rust

BlueOS juga sudah terintegrasi dengan asisten virtual khas Vivo bernama "Jovi" serta beragam fitur pemantauan kesehatan dan kebugaran. BlueOS menawarkan 10 tampilan jam bawaan yang bisa dipilih pengguna serta mendukung aplikasi dan toko aplikasi bawaan.

Vivo Watch 3 hadir dengan sistem operasi bikinan Vivo sendiri, bernama BlueOS.GSMArena Vivo Watch 3 hadir dengan sistem operasi bikinan Vivo sendiri, bernama BlueOS.
Di samping OS baru, Vivo Watch 3 kini juga menawarkan lebih dari 100 mode workout alias olahraga lengkap dengan rencana olahraga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebelumnya, Vivo Watch 2 hanya mendukung sekitar 47 mode workout.

Fitur pendukung lainnya termasuk perekaman aktivitas tidur, tingkat stres, siklus menstruasi, hingga perekaman detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2) melalui sensor optis.

Baca juga: Smartphone Vivo X100 Series Meluncur, Pertama dengan Chipset Dimensity 9300

Secara desain, Vivo Watch 3 memiliki ukuran 46,1 mm dan dibekali dengan layar AMOLED 1,43 inci dengan resolusi 466 x 466 piksel dan mendukung fitur Always on Display.

Peningkatannya ada faktor bentuk yang lebih ramping dan lebih ringan (36 gram) dibandingkan pendahulunya. Bingkai sekeliling layar arloji pintar ini juga masih dihiasi dengan bezel stainless steel, tapi kini dilengkapi kenop putar untuk menavigasi antarmuka. Ada juga tombol fisik di bagian bawah di sisi kanan perangkat untuk menavigasi antarmuka dan fungsi lainnya.

Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan dukungan eSIM untuk panggilan suara hands-free. Vivo Watch 3 memiliki RAM 64 MB dan penyimpanan media 4GB untuk menyimpan musik.

Perangkat wearable ini didukung oleh unit baterai 505 mAh. Kapasitas baterai ini sedikit lebih kecil dibandingkan baterai Vivo Watch 2 yang sebesar 515 mAh.

Dengan sekali isi daya, baterai 505 mAh smartwatch ini diklaim tahan hingga 16 hari tanpa koneksi Bluetooth, atau hingga 8 hari dengan Bluetooth dan notifikasi aktif, atau hingga 3 hari dengan skenario penggunaan yang lebih berat.

Bingkai sekeliling layar arloji pintar Vivo Watch 3 juga masih dihiasi dengan bezel stainless steel, tapi kini dilengkapi kenop putar untuk menavigasi antarmuka. Ada juga tombol fisik di bagian bawah di sisi kanan perangkat untuk menavigasi antarmuka dan fungsi lainnya.GSMArena Bingkai sekeliling layar arloji pintar Vivo Watch 3 juga masih dihiasi dengan bezel stainless steel, tapi kini dilengkapi kenop putar untuk menavigasi antarmuka. Ada juga tombol fisik di bagian bawah di sisi kanan perangkat untuk menavigasi antarmuka dan fungsi lainnya.
Fitur lain yang dibawa smartwatch Vivo Watch 3 meliputi konektivitas dengan perangkat TWS, tingkat ketahanan terhadap air dengan rating 5ATM (50 meter di bawah air), Bluetooth 5.2, eSIM, dan NFC.

Di atas kertas, Vivo Watch 3 memiliki dimensi panjang 46,1 mm, lebar 46,1 x mm, dan ketebalan 13,8 mm. Smartwatch ini hadir dengan dua model tali, yakni versi tali kulit dan tali silikon. Warna yang tersedia adalah Chen Yehei, Moonlight White, Starlight, dan Bright Moon.

Vivo Watch 3 hadir dalam versi Bluetooth saja dan eSIM. Adapun harga Vivo Watch 3 di China adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (14/11/2023):

  • Vivo Watch 3 (eSIM, tali kulit) - 1.399 yuan (sekitar Rp 3 juta)
  • Vivo Watch 3 (eSIM, tali silikon) - 1.299 yuan (sekitar Rp 2,7 juta)
  • Vivo Watch 3 (Bluetooth, tali kulit) - 1.199 yuan (sekitar Rp 2,5 juta)
  • Vivo Watch 3 (Bluetooth, tali silikon) - 1.099 yuan (sekitar Rp 2,3 juta)

Belum ada informasi soal ketersediaan smartwatch Vivo Watch 3 ini di wilayah pasar lain, termasuk Indonesia. Semenjak merilis Vivo Watch (2020) hingga kini, Vivo belum pernah memboyong lini smartwatch bikinannya ini ke pasar Indonesia.

Baca juga: Vivo Resmikan OriginOS 4, Berbasis Android 14 dan Punya Fitur Kartu Grafis Virtual

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com