Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Pemberitahuan Akun Ini Tidak Dapat Menggunakan WhatsApp? Ini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 18/11/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa pengguna bisa jadi pernah mengalami berbagai masalah saat mengakses WhatsApp. Salah satunya muncul pemberitahuan tiba-tiba yaitu “Akun ini tidak dapat menggunakan WhatsApp”.

Hal ini tentu menjadi masalah bagi pengguna, terlebih lagi yang cukup aktif menggunakan WA untuk komunikasi. Lantas mengapa muncul pemberitahuan seperti ini? Dilansir dari laman resmi WhatsApp, penyebab pemberitahuan ini muncil bisa jadi karena berbagai hal.

Mulai dari pelanggaran ketentuan layanan WhatsApp, artinya pengguna melanggar pedoman dan kebijakan tertentu. Hal ini juga bisa disebabkan oleh laporan pengguna lain, yang bisa jadi menyerukan bahwa terdapat perilaku kasar atau melanggar ketentuan Whatsapp, menggunakan aplikasi tidak resmi, seperti WA GB, atau terjadi masalah teknis.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini beberapa hal yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Mengurangi Penyimpanan WhatsApp Penuh di HP Android dan iPhone

Hubungi e-mail support@whatsapp.com

Anda dapat menghubungi tim dukungan WhatsApp lewat aplikasi atau situs web resmi mereka. Jelaskan situasi yang Anda rinicikan sekaligus screenshot masalah yang terjadi di akun Anda. Pihak WhatsApp akan meninjau permasalahan Anda, selanjutnya tunggu beberapa jam untuk menunggu balasannya.

Tunggu beberapa saat hingga larangan dicabut

Apabila disebabkan oleh masalah sementara, Anda bisa menunggu beberapa saat hingga akun aktif. Dibutuhkan mungkin 1 jam, 1 hari, 3 hari atau mungkin satu minggu.

Namun, penting untuk diingat bahwa terkadang keputusan larangan WhatsApp biasanya bersifat final, terutama jika Anda menerima hingga lima laporan.

Isi form bantuan WhatsApp

Anda juga bisa mengisi form bantuan WhatsApp pada tautan berikut ini. Isi nomor telepon, e-mail, dan isi pesan permasalahan Anda. Selanjutnya klik “Next Step” dan ikuti langkah selanjutnya untuk melaporkan pemberitahuan akun ini tidak dapat menggunakan WhatsApp.

Menggunakan versi WhatsApp resmi

Salah satu penyebab WhatsApp muncul pemberitahuan “Akun ini tidak dapat menggunakan WhatsApp” dikarenakan pengguna menggunakan aplikasi tidak resmi. Maka dari itu segera beralih menggunakan aplikasi WA resmi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store.

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Khusus MacOS Sudah Ada di App Store Indonesia

Demikian cara mengatasi WA yang muncul pemberitahuan akun ini tidak dapat menggunakan WhatsApp. Setelah melakukan peninjauan dan akun WA Anda telah kembali, cek kembali ketentuan pedoman dan kebijakan WhatsApp agar tidak terdeteksi melakukan pelangganan. Anda bisa menyimak kebijakan privasi di tautan berikut ini. Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com