BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan IM3 Indosat

Tetap Terkoneksi Tanpa Kartu Fisik, Ini Deretan Keunggulan eSIM dari IM3

Kompas.com - 21/11/2023, 11:08 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Teknologi kartu eSIM atau embedded SIM card tengah berkembang dan menjadi tren baru bagi pengguna smartphone di Indonesia. Teknologi ini memungkinkan pengguna smartphone terhubung dengan jaringan seluler tanpa menggunakan kartu SIM fisik.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (11/2/2023), eSIM merupakan sebuah modul yang tertanam di dalam perangkat smartphone. Modul ini dapat diaktivasi secara jarak jauh dengan operator lokal untuk digunakan di suatu wilayah.

Teknologi eSIM sendiri menawarkan banyak keunggulan bagi pengguna. Berikut adalah ulasannya.

1. Kemudahan aktivasi

Pelanggan dapat dengan mudah dan cepat melakukan aktivasi layanan eSIM sesuai pilihan karena tidak lagi memerlukan kartu fisik sebagai medium. Caranya, dengan mengaktivasi layanan eSIM secara mandiri atau mengunjungi website provider seluler.

Salah satu pelopor teknologi eSIM di Indonesia adalah IM3. Melalui teknologi ini, pelanggan dapat selalu tersambung dengan sinyal IM3 tanpa menggunakan kartu SIM fisik.

Untuk diketahui, sebagai brand telekomunikasi di Indonesia, IM3 terus berupaya untuk lebih dekat dengan pelanggan. Salah satunya, dengan menghadirkan layanan dan produk yang selalu relevan dengan kebutuhan pelanggan melalui berbagai inovasi dan teknologi terkini yang bisa didapatkan dengan mudah.

Baca juga: eSIM Indosat Bisa Didapat di Gerai IM3 Seluruh Indonesia, Cek Cara Beli dan Aktivasinya

Pembelian atau penggantian eSIM IM3 pun cukup mudah. Pertama, pelanggan dapat mengunjungi situs resmi IM3 di im3.id/buyesim. Kedua, pastikan ponsel yang digunakan kompatibel dengan eSIM. Ketiga, pilih jenis eSIM yang diinginkan, seperti prabayar atau pascabayar.

Kemudian, lanjut ke proses pembayaran serta verifikasi data diri. Setelah proses pembayaran selesai, pelanggan akan menerima email yang berisi kode QR eSIM untuk dipindai. Proses aktivasi selesai dan eSIM akan aktif secara otomatis dalam waktu maksimal 24 jam.

2. Fitur dual SIM

Seperti diketahui, teknologi eSIM dapat memudahkan pengguna untuk tetap terkoneksi tanpa kartu fisik. Selain itu, eSIM juga memungkinkan pengguna memiliki dua nomor telepon, meskipun smartphone yang digunakan hanya menyediakan satu tray kartu SIM.

Teknologi eSIM sendiri dilindungi dengan teknologi keamanan lebih tinggi ketimbang SIM konvensional. Dengan begitu, keamanan lebih terjaga karena Anda dapat melacak ponsel yang hilang dan mengurangi potensi kerugian akibat kehilangan kartu SIM.

Teknologi eSIM dari IM3 memungkinkan pengguna memiliki dua nomor telepon (fitur dual SIM), meskipun smartphone yang digunakan hanya menyediakan satu tray kartu SIM. dok. IM3 Teknologi eSIM dari IM3 memungkinkan pengguna memiliki dua nomor telepon (fitur dual SIM), meskipun smartphone yang digunakan hanya menyediakan satu tray kartu SIM.

3. Fleksibilitas tinggi

Penggunaan eSIM memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi bagi pengguna, terutama dalam mengelola paket data dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, pengguna eSIM juga bisa beralih profil nomor atau paket internet, baik prabayar maupun pascabayar dengan mudah.

Layanan eSIM dari IM3 sendiri ditujukan untuk seluruh pelanggan, baik pengguna prabayar maupun pascabayar, yang dapat diperoleh tanpa biaya tambahan. Layanan ini pun telah tersedia di seluruh Indonesia.

4. Tak perlu repot saat pergi ke luar negeri

Aktivitas traveling atau perjalanan bisnis ke luar negeri kini semakin mudah berkat kehadiran teknologi eSIM. Sebab, teknologi eSIM memungkinkan pengguna untuk menambah nomor seluler dari provider di negara lain tanpa harus kehilangan nomor negara asal (nomor lokal).

Baca juga: Cara Aktivasi eSIM Indosat pada Ponsel Andorid

5. Kompatibel untuk beragam smartphone

Pengguna tidak perlu khawatir smartphone yang digunakan tidak kompatibel dengan teknologi eSIM IM3. Sebab, teknologi terbaru ini dikonfirmasi dapat bekerja dengan baik dengan beragam ponsel pintar.

Tak hanya itu, pengguna IM3 pun bisa mengecek kompatibilitas smartphone yang digunakan dengan eSIM terlebih dulu sebelum membelinya.

Teknologi eSIM IM3 dapat digunakan pada berbagai perangkat besutan Apple, seperti iPhone, mulai dari seri SE, XR, XS, 11, 12, 13, 14, hingga 15. Kemudian, iPad Pro 3, iPad Air 4, iPad Pro, iPad Pro 2, iPad Mini 5, iPad Air 3, dan iPad 7.

Untuk produk Samsung, seri yang kompatibel di antaranya adalah Galaxy S22 Ultra 5G, Galaxy S22+ Ultra 5G, Galaxy S22 5G, Galaxy S21 5G, Galaxy S21 Ultra 5G, Galaxy Flip 3,4, dan 5 5G, Galaxy Fold 2, Galaxy Fold 3, Galaxy Note 20 Ultra, Galaxy Note 20+, Samsung Watch 4 LTE, Samsung Watch Classic LTE, Samsung Z Flip 4 5G, serta Samsung Z Fold 4 5G.

Baca juga: Oppo Find N2 Flip Bisa Pakai eSIM, Begini Cara Mengaktifkannya

Pada smartphone Pixel, eSIM IM3 dapat digunakan untuk Google Pixel 3, 3 XL, 3A, dan 3A XL, Google Pixel 4, 4 XL, 4A, dan 4A 5G.

Untuk smartphone Oppo, bisa digunakan pada seri Find X5 Pro, Find X3 Pro, Find X5, A55s 5G, dan Reno 5A. Kemudian, Huawei P40, Huawei P40 Pro, dan Huawei Mate P40 Pro. Teknologi eSIM juga kompatibel dengan ponsel Motorola Razr 2019 serta Microsoft Surface Pro X.

Itulah lima keunggulan dari teknologi eSIM. Karena tidak lagi menggunakan kartu fisik, teknologi eSIM dapat mendukung gaya hidup pengguna yang lebih praktis, mudah, dan fleksibel.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan eSIM dari IM3, pelanggan dapat mengunjungi situs web im3.id/esim.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com