Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Arti Centang Abu-abu dan Biru di WhatsApp

Kompas.com - 27/11/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Tanda centang di WhatsApp merupakan ikon yang familiar ditemui. Terutama sering dijumpai pada kolom chatting. Selain itu tanda centang WhatsApp memiliki dua jenis warna yang memiliki arti berbeda. Hal ini juga memiliki arti dan makna tersendiri bagi penerima dan pengirim.

Mayoritas pengguna pun umumnya sudah mengerti arti tanda centang abu-abu dan biru. Namun berikut ini KompasTekno menguraikan macam-macam arti tanda centang yang biasa ditemukan kolom chatting pengguna. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp untuk Satu Kontak Saja dengan Mudah

Arti centang satu abu-abu

Saat mengirim pesan ke pengguna, tak jarang pesan yang terkirim akan muncul centang satu abu-abu. Biasanya hal ini mengindikasikan bahwa Anda telah diblokir penerima. Namun hal ini tak seutuhnya bahwa Anda diblokir. Bisa jadi tanda centang satu abu-abu mengindikasikan penerima masih tidak terhubung ke jaringan internet atau menonaktifkan ponsel mereka.

Arti centang dua abu-abu

Tanda centang dua abu-abu menandakan bahwa pesan yang Anda kirim sudah terkirim ke penerima yang dituju. Pesan tersebut bisa saja terkirim ke ponsel mereka atau perangkat apa pun yang tertaut.

Arti centang dua biru di WhatsApp

Centang dua biru di WhatsApp menunjukkan bahwa pesan yang Anda kirim telah dibaca oleh penerima. Sehingga umumnya saat centang biru dua di WhatsApp, penerima akan bertindak untuk memilih merespon pengirim atau tidak.

Kendati demikian centang dua biru ini biasanya menjadi sesuatu cukup sensitif bagi pengguna. Sebagian pengguna justru ingin menonaktifkan fitur ini karena berbagai alasan. Mulai dari menjaga privasi hingga merasa tidak terbebani untuk membalas chatting WhatsApp.

Cara menonaktifkan centang dua biru di WhatsApp

Bagi Anda yang ingin mencoba menonaktifkan centang dua biru di WhatsApp, selengkapnya berikut ini tutorialnya.

  • Buka WhatsApp Anda Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih “Settings”
  • Pilih “Accounts”
  • Klik “Privacy”
  • Geser toggle “Read receipts” ke sebelah kiri untuk menonaktifkan centang biru

Baca juga: 5 Cara Mengamankan WhatsApp agar Tidak Disadap yang Perlu Diketahui

Sebagai catatan, saat Anda menonaktifkan centang biru, Anda juga tidak bisa melihat centang biru saat "chatting" dengan kontak lain. Artinya, Anda juga tidak akan mengetahui apakah pesan Anda sudah dibaca atau belum oleh pengguna lain.

Demikian ulasan mengenai beberapa arti centang abu-abu dan biru di chat WhatsApp. Bagi Anda yang merasa terjadi eror pada chatting WhatsApp dapat menuju bantuan WA di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com