Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan MP3, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 20/11/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna bisa sesuka hati untuk mengganti nada dering pesan atau panggilan masuk di aplikasi WhatsApp (WA). Ada cukup banyak koleksi nada dering bawaan di WhatsApp yang bisa dipilih pengguna.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi WhatsApp Terus Berhenti dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

Meski cukup banyak, koleksi nada dering bawaan WhatsApp itu mungkin masih membosankan untuk sebagian pengguna. Seandainya bosan, pengguna mungkin butuh untuk mengetahui cara mengganti nada dering WA dengan MP3.

Sebagai informasi, dalam hal mengganti nada dering WA, pengguna sejatinya memiliki pilihan lain selain memakai nada dering dari koleksi bawaan aplikasi. Pengguna juga bisa memakai file audio MP3 yang terdapat di memori penyimpanan HP (handphone).

Cara mengganti nada dering WA dengan MP3 menarik untuk dicoba. Pengguna jadi bisa mengganti nada dering WhatsApp dengan suara yang lebih variatif ketimbang nada dering dari koleksi bawaan.

Lantas, bagaimana cara mengganti nada dering WhatsApp dengan MP3? Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengganti nada dering WhatsApp dengan MP3 secara mudah dan praktis.

Baca juga: 2 Cara agar Foto WhatsApp Tersimpan Otomatis di Galeri HP, Mudah

Cara mengganti nada dering WA dengan MP3

Cara mengganti nada dering WA dengan MP3 itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu menyiapkan dulu file audio MP3 yang hendak dijadikan nada dering WA. Adapun penjelasan cara mengganti nada dering WA dengan MP3 adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan notifikasi.
  • Setelah itu, pilih pengaturan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, pilih opsi pengaturan nada dering atau suara.
    Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan MP3.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan MP3.
  • Kemudian, pilih nada dering dari memori penyimpanan, biasanya tersimpan di File Manager.
  • Pada File Manager, pilih file audio MP3 untuk dijadikan nada dering WhatsApp.
  • Selesai memilih, silakan terapkan file MP3 tersebut menjadi nada dering WhatsApp.
  • Kini, pengguna berhasil mengganti nada dering WA dengan MP3.

Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan MP3.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nada dering WA dengan MP3.

Cukup mudah bukan cara mengganti nada dering WA dengan MP3? Dengan cara ini, pengguna bisa mengganti nada dering WA dengan suara yang lebih variatif. Pengguna bisa menjadikan musik atau lagu berformat MP3 sebagai nada dering WA.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengganti nada dering WA dengan MP3. Sebagai informasi tambahan, cara tersebut sayangnya tidak dapat diaplikasikan pada WhatsApp untuk iPhone.

Baca juga: Cara Mengganti Background Whatsapp dengan Foto Sendiri, Mudah dan Praktis

Cara mengganti nada dering WA dengan MP3 seperti yang dijelaskan di atas hanya dapat dilakukan pada HP Android. Dalam tutorial kali ini, KompasTekno menggunakan HP berbasis Android 10 dengan antarmuka MIUI 12.5.

Berbeda platform Android yang digunakan bisa jadi berbeda pula langkah-langkahnya dalam mengganti nada dering WA dengan MP3.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com