Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Music Replay 2023 Hadir, Bisa Lihat Lagu Paling Sering Didengar Sepanjang Tahun

Kompas.com - 30/11/2023, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, platform streaming musik biasanya merilis fitur untuk merangkum kebiasaan mendengarkan musik pengguna selama satu tahun. Nah, Apple Music menjadi yang pertama merilis fitur tersebut lewat "Apple Music Replay".

Di Apple Music Replay, pengguna bisa melihat daftar artis atau musisi, lagu, album, hingga genre yang paling sering didengarkan dari awal 2023 hingga akhir tahun ini.

Pengguna juga bisa mendengarkan daftar putar (playlist) "Replay 2023" berisi 100 lagu paling banyak diputar serta melihat lamanya waktu mendengarkan musik selama setahun terkahir.

Tahun ini, pengguna juga bisa memiliki status pencapaian tertentu. Misalnya, pengguna mendengarkan 1.000 lagu, mendengarkan lagu 25.000 menit, hingga masuk dalam daftar 100 orang teratas yang paling sering mendengarkan musisi tertentu.

Ilustrasi daftar musisi paling banyak didengarkan pengguna di statistik Apple Music Replay 2023.Apple Ilustrasi daftar musisi paling banyak didengarkan pengguna di statistik Apple Music Replay 2023.
Pengguna juga bisa melihat daftar musisi terpopuler. Misalnya, tahun itu, predikat artis terpopuler dianugerahkan kepada Taylor Swift.

Di Apple Music, Taylor Swift dilaporkan memiliki 65 lagu yang mencapai Global Daily Top 100, lebih banyak dibandingkan artis lainnya.

Ikon pop ini juga menjadi artis yang paling banyak streaming di platform ini pada tahun 2023, mencetak rekor pendengar terbanyak dalam satu tahun.

Baca juga: TikTok Rilis Fitur untuk Simpan Musik Langsung ke Spotify dkk

Namun, tidak seperti Spotify Wrapped yang menawarkan serangkaian tangga lagu yang sangat mudah dibagikan, statistik yang disajikan di Apple Music Replay disebut tidak begitu menarik untuk diposting secara online. Selain itu, statistik tersebut tidak tersedia langsung di dalam aplikasi Apple Music.

Meski tak bisa melihat statistik, pengguna tetap bisa mengakses playlist Replay 2023 di aplikasi Apple Music, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (30/11/2023).

Untuk melihat status dan pencapaian YouTube Music Replay, pengguna harus pergi ke URL replay.music.apple.com.

Sebenarnya, pengguna bisa menemukan fitur "Replay" ini di aplikasi Apple Musik di halaman muka. Namun, pengguna tetap akan dialihkan ke situs replay.music.apple.com ini.

Baca juga: Apple Music dan Apple Maps Punya Fitur untuk Cari Konser

Selanjutnya, pengguna harus login dengan Apple ID. Setelah itu, pengguna akan melihat status dan pencapaian mendengarkan musiknya di web. Lalu, pengguna bisa membagikan status dan pencapaian Apple Music Replay ke media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com