Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Foto-foto Cuplikan Trailer GTA 6, Karakter Wanita Pertama dan Fitur ala Medsos

Kompas.com - 05/12/2023, 15:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembang sekaligus penerbit game asal Amerika Serikat, Rockstar Games resmi merilis trailer perdana game Grand Theft Auto 6 (GTA 6/ GTA IV), Selasa (5/12/2023). Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik tersebut, GTA 6 juga dipastikan meluncur 2025 mendatang. 

Sebagai game yang sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya selama lebih dari satu dekade, GTA 6 akan menghadirkan sejumlah hal yang baru. Salah satunya adalah Lucia, karakter wanita protagonis pertama di seri GTA. Selama ini, karakter utama di game GTA selalu pria. 

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik, Lucia menjadi karakter pembuka yang ditampilkan di video. Ia tampak berada di dalam penjara dan mengenakan baju napi berwarna jingga. Ia dipanggil pihak kepolisian untuk melakukan wawancara.

Ilustrasi karakter perempuan bernama Lucia di GTA VI (GTA 6) yang sedang diwawancarai pihak kepolisianRockstar Games Ilustrasi karakter perempuan bernama Lucia di GTA VI (GTA 6) yang sedang diwawancarai pihak kepolisian

“Lucia, apa Anda tahu kenapa Anda berada di sini?” tanya pihak kepolisian. Dengan ekspresi acuh tak acuh, Lucia lantas menjawab “Sedang kurang beruntung, mungkin”.

Usai jawaban diberikan, trailer langsung menampilkan berbagai macam latar pantai, perkotaan, kehidupan di malam hari dan sebagainya.

Visual diilustrasikan dengan gaya yang ciamik, detail yang nyaris seperti versi asli. Bayangan dan pantulan cahaya di kulit, ekspresi wajah, rambut per helai, pemandangan pantai, jalan raya perkotaan, genangan air, hingga siluet kota menjelang matahari terbenam terlihat begitu realistis.

Baca juga: Game GTA 6 Meluncur 2025, PS5 dan Xbox Series X/S Kebagian Duluan

Ilustrasi salah satu latar di GTA 6Rockstar Games Ilustrasi salah satu latar di GTA 6

Pemandangan kota dan laut di dalam game GTA 6Rockstar Games Pemandangan kota dan laut di dalam game GTA 6

Visual dari GTA 6 yang begitu realistis terlihat dari siluet, bayangan, warna latar, helaian rambut yang mirip seperti kehidupan nyataRockstar Games Visual dari GTA 6 yang begitu realistis terlihat dari siluet, bayangan, warna latar, helaian rambut yang mirip seperti kehidupan nyata

Vice City dan kehidupan malam

Selain itu, trailer juga menampilkan papan nama kota bertuliskan “Vice”. Kemunculan nama kota ini sesuai dengan bocoran-bocoran yang sebelunya mencuat di internet.

Adanya Vice City, artinya peta yang akan digunakan dalam GTA 6 akan serupa dengan peta Vice City di seri GTA sebelumnya di seri “Grand Theft Auto: Vice City” pada 2003 lalu.

Papan nama kota Vice City yang muncul di GTA 6Rockstar Games Papan nama kota Vice City yang muncul di GTA 6

Hanya saja, sejumlah rumor mengatakan bahwa peta Vice City baru akan lebih luas. Hal ini berkaca pada GTA 5 yang juga mengadopsi peta dari seri GTA lawas, tetapi ukurannya diperbesar.

Selain itu, suasana kehidupan malam juga tampil di trailer. Mulai dari pesta pora, balapan liar, kumpulan orang-orang memarkir mobil mewah di pinggir jalan untuk melakukan pertemuan, dan berbagai macam kriminalitas lainnya.

Kemungkinan pemain juga akan bisa menjalani kehidupan malam ini di GTA 6.

Ilustrasi kehidupan malam di GTA 6Rockstar Games Ilustrasi kehidupan malam di GTA 6

Suasana malam Vice CityRockstar Games Suasana malam Vice City

Fitur ala media sosial

Salah satu hal menarik yang tampak dalam trailer GTA 6 ini adalah kehadiran fitur ala media sosial. Beberapa cuplikan ala-ala media sosial juga di GTA 6 terlihat di dalam trailer. Layout dari media sosial yang ditampilkan mirip dengan TikTok Live, Instagram Live dan YouTube Shorts.

Baca juga: Tampilan dan Peta GTA 6 Bocor Duluan, Disebar di TikTok

Salah satu cuplikan trailer ala-ala video di media sosialRockstar Games Salah satu cuplikan trailer ala-ala video di media sosial

Sebab, tampilan video tersebut memunculkan logo profil, tombol “Follow”, dan caption layaknya unggahan video vertikal dan horizontal di sejumlah media sosial. Video yang ditampilkan juga kejadian-kejadian unik dan viral.

Mulai dari pria yang sedang berpesta dan berjoget di atas kapal, seorang wanita yang setengah tidur di atas mobil berjalan, tim penyelamat yang mengeluarkan buaya dari kolam renang, dan seorang pria telanjang berlari di pom bensin dan dikejar polisi, dan masih banyak lagi.

Karakter ala Bonnie dan Clyde

Adegan Lucia bersama seorang pria yang tidak diketahui identitasnya. Keduanya digambarkan tengah melakukan adegan kriminal bersama-samaRockstar Games Adegan Lucia bersama seorang pria yang tidak diketahui identitasnya. Keduanya digambarkan tengah melakukan adegan kriminal bersama-sama
Seperti yang disebut sebelumnya, terdapat karakter perempuan pertama di GTA 6. Kehadiran karakter tersebut disebut-sebut akan berpengaruh dalam cerita inti dari gambe bikinan Rockstar Games ini.

Sebab, ada satu adegan yang mirip seperti kisah Bonnie and Clyde. Dua orang ini merupakan pasangan kriminal asal AS di era 1930-an yang memiliki nama panjang Bonnie Parkier dan Clyde Barrow.

Lucia sebagai karakter utama juga sempat digambarkan melakukan aksi kriminal bersama salah seorang pria yang belum disebutkan nama/identitasnya. Pria tersebut juga terlihat sebagai pacar Lucia.

Jika aksi kriminal tersebut dilakukan oleh mereka berdua, cerita yang dikisahkah di GTA 6 kemungkinan akan dibumbui kisah percintaan.

Rockstar Games memastikan bahwa peluncuran GTA 6 akan dilakukan pada 2025 dan hadir untuk konsol PlayStation 5 (PS 5) dan Xbox Series X/S lebih dulu. Video trailer selengkapnya bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com