Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honor Magic 6 Lite Meluncur dengan Kamera 108 MP dan Snapdragon 6 Gen 1

Kompas.com - 07/12/2023, 17:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal China, Honor, meluncurkan ponsel kelas menengah (mid-range) teranyarnya, Honor Magic 6 Lite di Italia.

Smartphone ini merupakan penerus dari Honor Magic 5 Lite yang rilis di Eropa pada Februari 2023 lalu. Sebagai penerus, Honor Magic 6 Lite membawa sejumlah peningkatan, mulai dari kamera, layar, chipset, hingga baterai.

Honor Magic 6 Lite dibekali tiga kamera belakang yang diletakkan dalam modul lingkaran bersama sebuah lampu LED flash, seperti yang dimiliki pendahulunya.

Meski sama-sama mengadopsi modul lingkaran, spesifikasi kamera ini cukup berbeda dari pendahulunya.

Kamera Honor Magic 6 Lite mencakup kamera utama 108 MP, kamera ultra wide 5 MP, dan kamera makro 2 MP. Sementara Honor Magic 5 Lite memiliki kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 5 MP, dan kamera makro 2 MP.

Beralih ke bagian depan ponsel, ada kamera selfie dengan resolusi 16 MP yang ditempatkan dalam modul lubang (punch hole). Resolusi kamera depan ini masih sama seperti Honor Magic 5 Lite.

Honor Magic 6 Lite dibekali layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi 2.652 x 1.200 piksel, refresh rate 120 Hz, rasio layar ke bodi 92,8 persen, kerapatan piksel 429 ppi, dan PWM Dimming 1920Hz. Ukuran layar ini meningkat dari Magic 5 Lite dengan 6,67 inci.

Baca juga: Honor X7b Meluncur, HP Rp 3 Jutaan dengan Kamera 108 MP

Honor Magic 6 LiteGizmoChina Honor Magic 6 Lite
Layar Honor Magic 6 Lite memiliki tingkat kecerahan maksimum (brightness) 1.200 nits, sehingga penggunaan layar ponsel tetap nyaman meski di bawah sinar matahari yang cerah.

Untuk jeroan, Honor Magic 6 Lite diotaki System-on-Chip (SoC) Snapdragon 6 Gen 1, berbeda dari pendahulunya yang mengandalkan Snapdragon 695.

CPU yang dimiliki lebih cepat sehingga performa smartphone pun lebih mulus. Unit pengolah grafisnya (GPU) adalah Adreno 710. Chipset Snapdragon 6 Gen 1 tersebut dipadankan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 256 GB.

Spesifikasi Honor Magic 6 Lite lainnya termasuk baterai berkapasitas 5.300 mAh, meningkat dari 5.100 mAh milik Honor Magic 5 Lite. Baterai jumbo ini didukung fitur pengisian cepat (fast charging) 35 Watt.

Honor mengeklaim kapasitas baterai ini bisa bertahan di atas 80 persen meski sudah diisi ulang (charge) sebanyak 1.000 kali.

Selanjutnya, HP kelas menengah ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MagicOS 7.2.

Fitur pendukung lainnya mencakup konektivitas 5G, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.1, NFC, port USB-C, GPS, dan pemindai sidik jari (fingerprint) dalam layar (in-display).

Ponsel ini turut dibekali fitur Ultra-Bounce Anti Rebound yang diklaim meningkatkan ketahanan perangkat saat terjatuh atau terbentur. Ada pula sertifikasi SGS lima bintang yang menawarkan pertahanan tambahan pada bodi dan bagian ponsel lainnya.

Baca juga: HP Honor 100 Series Meluncur, Versi Reguler Pakai Snapdragon 7 Gen 3

Ketersediaan Honor Magic 6 Lite

Honor Magic 6 Lite tersedia di Italia mulai 27 Desember 2023. Smartphone ini diprediksi akan meluncur di berbagai negara Eropa pada waktu mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Kamis (7/12/2023).

Belum diketahui ponsel ini akan dirilis di luar Eropa atau tidak.

Smartphone terbaru Honor tersedia dalam tiga varian warna, yakni Midnight Black, Emerald Green, dan Sunrise Orange. Ponsel memiliki dimensi 163,6 x 75,5 x 7,98 mm dengan bobot 185 gram.

Sejauh ini, Honor belum mengumbar harga jual Magic 6 Lite di Eropa. Sebagai referensi, Honor Magic 5 Lite dijual seharga 379 Euro (setara Rp 6,3 juta) pada peluncurannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com