Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung dan iPhone Kuasai 99 Persen Pasar Smartphone di Korea Selatan

Kompas.com - 15/11/2023, 09:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Samsung dan Apple menjadi dua vendor ponsel terbesar di Korea Selatan yang menguasai 99 pasar smartphone setempat. Sementara sisa 1 persen pangsa pasar dihuni oleh vendor lain, seperti Motorola.

Samsung merajai pasar smartphone di negara asalnya tersebut, untuk kuartal ketiga (Juli-September) 2023. Menurut laporan firma riset pasar Counterpoint Research, Samsung berhasil menguasai 83 persen pangsa pasar ponsel di Negeri Gingseng itu.

Hal ini otomatis menjadikan Samsung sebagai "raja" di negara sendiri. Pangsa pasar itu dikuasai setelah Samsung mengirimkan 3,4 juta unit ponsel Galaxy ke pasar Korea sepanjang Juli-September 2023.

Samsung berhasil mengalahkan Apple, rival utamanya di pasar ponsel, dengan selisih pangsa pasar yang jauh. Menurut data Counterpoint, Apple hanya berhasil mengamankan pangsa pasar sebesar 15 persen di Korea Selatan pada kuartal III-2023.

Baca juga: 5 Besar Vendor HP Amerika Utara: Apple Nomor Satu, Android Samsung Teratas

Loyalitas warga dan popularitas Z Flip/Fold 5

Outlet media GizChina merinci tiga faktor yang membuat Samsung berhasil mendominasi pasar smartphone Korea Selatan pada kuartal III-2023.

Pertama adalah karena popularitas duo ponsel lipat terbaru Samsung Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 yang dirilis akhir Juli lalu.

Duo ponsel ini disebut diterima baik di Korea Selatan. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pemesanan (pre-order) yang mencapai 1,02 juta unit di Korea sendiri. Angka ini meningkat dari jumlah pre-order Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 di tahun 2022 yang sebesar 970.000 unit.

Selama ini, model Flip emang lebih populer dibandingkan Fold, tapi kini jaraknya makin lebar. Sebagaimana dihimpun dari ZDNet, Rabu (15/11/2023), Galaxy Z Flip 5 menyumbang 70 persen dari total pre-order 1,02 juta tersebut. Tahun lalu, Galaxy Z Flip 4 menyumbang 60 persen dari total pre-order.

Baca juga: Riset Canalys: Samsung Galaxy S23 Ultra HP Android Terpopuler di Dunia

Alasan kedua karena loyalitas warna Korea Selatan. Di satu sisi, Samsung adalah perusahaan raksasa asal Korea dengan citra merek yang kuat. Di sisi lain, orang Korea disebut juga lebih suka membeli produk buatan perusahaan Korea. Kombinasi kedua inilah yang membantu Samsung mempertahankan pangsa pasarnya yang besar di kampung halamannya.

Alasan ketiga adalah produk HP yang beragam. Samsung menawarkan berbagai macam smartphone, mulai dari kelas entry level sampai kelas atas (flagship), dari harga yang murah hingga mahal. Hal ini membuat produk HP Samsung Galaxy bisa diakses oleh banyak konsumen.

Alasan keempat adalah tertundanya peluncuran seri Apple iPhone 15 di Korea Selatan. iPhone 15 series sudah diperkenalkan pada pertengahan September 2023, tapi ponsel ini baru mulai dijual pada 13 Oktober atau pada pertengahan akhir kuartal III-2023. Hal ini membuat Samsung bisa lebih menguasai pasar HP di kuartal III-2023, sebelum ponsel andalan pesaingnya itu dipasarkan di Korea Selatan.

Baca juga: 10 Smartphone Terlaris di Dunia: Apple dan Samsung Mendominasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com