Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton YouTube Bisa Lihat "Like" dan "View" Video Bertambah Real-time?

Kompas.com - 08/12/2023, 17:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tampilan jumlah akun yang menyukai video (like), serta jumlah akun yang menonton video (view) di aplikasi YouTube diperbarui.

Kini, jumlah like dan view di sebuah video yang tengah ditonton akan berubah secara otomatis alias secara realtime, sesuai dengan apa yang terjadi saat itu juga.

Perubahan angka like dan view juga disertai dengan sedikit animasi pergantian angka. Sehingga, penonton YouTube (yang bukan pemilik akun) juga bisa melihat apakah video tersebut mendulang like dan view tambahan atau tidak ketika sedang ditonton.

Sebelumnya, jumlah like dan view bersifat statis, dan untuk memperbaruinya, pengguna harus memuat ulang (refresh) video yang sedang mereka tonton.

Baca juga: Pelanggan YouTube Premium Kini Bisa Ngobrol dengan AI

Fitur baru YouTube ini dilaporkan oleh situs teknologi AndroidPolice. Dalam postingan tersebut, mereka mengatakan bahwa animasi pergantian jumlah like dan view ini hanya berlaku pada video baru saja.

Maksud video baru di sini adalah video yang telah diunggah di YouTube selama 24 jam. Artinya, pengguna tak akan melihat perubahan jumlah like dan view secara real time apabila melihat video yang "umurnya" lebih dari satu hari.

Nantinya, pengguna yang menonton video-video baru di YouTube ini akan melihat seberapa ramai orang yang menonton video tersebut melalui animasi perubahan jumlah like dan view, sebagaimana dapat dilihat di gambar di bawah ini.

Baca juga: YouTube Akui Melambatkan Video di Browser yang Pakai Ad Blocker

Ilustrasi jumlah likes dan views di video YouTube yang diperbarui real time.AndroidPolice Ilustrasi jumlah likes dan views di video YouTube yang diperbarui real time.

 

Hal ini kabarnya akan terjadi di kondisi apa pun, baik itu ketika pengguna tengah menonton video, menjeda (pause) video, hingga menutup dan kembali membuka aplikasi YouTube, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Jumat (8/12/2023),

Lantas, apakah fitur ini tersedia secara luas? Menurut AndroidPolice, fitur ini agaknya merupakan fitur uji coba (experimental) yang hanya tersedia bagi beberapa pengguna YouTube versi Android secara acak saja.

Baca juga: Pelanggan YouTube Premium di Indonesia Bisa Main 40 Game Gratis, Begini Caranya

Pantauan KompasTekno Rabu siang, aplikasi YouTube versi Android kami juga tampak belum bisa menampilkan jumlah like dan view yang diperbarui secara realtime seperti yang disebutkan di atas.

YouTube sendiri belum mengumumkan apapun terkait kehadiran fitur ini. Belum diketahui juga apakah fitur ini merupakan fitur experimental khusus untuk pengguna Android saja, khusus pelanggan berbayar YouTube Premium, atau justru bisa dinikmati semua orang.

Namun yang jelas, fitur experimental YouTube Premium yang tersedia untuk pengguna Indonesia, setidaknya untuk kami, saat ini adalah Playables. Fitur ini memungkinkan pengguna memainkan beragam game secara langsung di YouTube.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com