Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Lama di Instagram Hilang Suaranya? Ini Sebabnya

Kompas.com - 09/12/2023, 13:59 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengguna lama Instagram mengeluhkan banyak video lama miliknya di feed kehilangan suara/audio. Pihak Instagram sudah mengetahui masalah ini dan mengatakan bahwa bug (kesalahan) adalah biang keroknya.

Menurut laporan The Verge, masalah audio ini tampaknya memengaruhi video yang diposting di masa-masa awal kehadiran fitur video, yakni sekitar Juni 2013 hingga sebelum akhir tahun 2014.

Masalah video feed Instagram hilang audionya ini sepertinya sudah berlangsung sejak awal tahun ini sebagai dilaporkan oleh beberapa pengguna. Misalnya, seorang pengguna Reddit menceritakan tidak bisa mendengar suara almarhum temannya di video feed lawas Instagram.

Pada Mei lalu, pengguna Reddit lain juga menceritakan dirinya tak bisa mendengar audio dari video anjing mereka yang sudah meninggal. Pengguna lain mengatakan bahwa video lama bayi perempuan mereka juga kehilangan suaranya.

Baca juga: Cara Mengubah Suara Google Asisten ke Bahasa Indonesia

Contoh konkretnya seperti video milik Sam Sheffer, di bawah. Saat itu, Sheffer yang menjabat sebagai manajer media sosial The Verge mengunggah video dengan caption "Billy" itu pada hari pertama peluncuran fitur video di Instagram, tepatnya 21 Juni 2013.

Ketika di-embed di situs, video bisa diputar lengkap dengan suara. Namun, ketika diputar di Instagram desktop, iOS, atau Android, video tidak memiliki audio. Pengguna justru mendapati keterangan "video has no sound" (video tak bersuara) saat mencoba memutar audio.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sam ?? Sheffer (@samsheffer)

Sedang diperbaiki

Meta, induk Instagram sudah mengetahui masalah yang disebabkan oleh bug tersebut dan tengah berupaya memperbaikinya.

"Kami menyadari bahwa bug menyebabkan beberapa orang kesulitan mengakses audio di postingan feed lama. Masalah ini sedang diselesaikan, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata juru bicara Meta.

Baca juga: Video Reels Instagram Kini Bisa Di-download Tanpa Aplikasi Ketiga, Sudah Bisa di Indonesia

Namun, tidak diketahui kapan audio di posting video feed lama bakal benar dan bisa diakses lagi oleh pengguna.

Bagi pengguna Instagram lama, hilangnya  audio di video lama mereka bisa menjadi kerugian. Salah satu alasan orang memposting di Instagram adalah untuk mengabadikan momen. Audio sering kali menjadi bagian penting yang membuat video menjadi spesial atau berkesan.

Dalam beberapa kasus, pengguna juga mungkin tidak memiliki salinan lain dari video tersebut. Jadi, bila Meta tak berhasil memperbaiki bug, pengguna tidak akan pernah mendapatkan audio itu kembali, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (9/12/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com