Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Aplikasi CapCut yang Loading Terus dan Ngelag

Kompas.com - 21/12/2023, 17:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - CapCut merupakan aplikasi edit video yang memungkinkan pengguna bisa mengedit video dengan berbagai fitur dan template dengan mudah. Aplikasi bikinan Bytedance PTE.LTD ini juga menyuguhkan berbagai template video menarik yang bisa digunakan dengan praktis.

Kendati demikian tak jarang aplikasi CapCut juga mengalami eror yang sering dijumpai pengguna. Salah satunya aplikasi lag atau loading terus menerus sehingga menghambat pengguna dalam mengedit video.

Penyebab aplikasi CapCut yang loading terus dan lagging bisa jadi dikarenakan berbagai faktor. Mulai dari koneksi internet yang tidak stabil, cache aplikasi yang penuh, atau aplikasi yang tidak pernah diperbarui sehingga mengalami bug.

Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi CapCut yang loading terus dan mengalami lag? Selngkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

Baca juga: Cara Menambahkan Rekaman Suara di CapCut buat Konten

Muat ulang ponsel

Tak jarang eror pada aplikasi CapCut ini dikarenakan ponsel yang mengalami eror atau bug. Salah satu cara untuk mengatasi bug di ponsel dengan mudah, cobalah dengan memuat ulang perangkat Anda. Hal ini akan membantu menyegarkan sistem dan menyelesaikan masalah pada pada ponsel.

Cek koneksi jaringan ponsel Anda

Koneksi internet yang terputus-putus bisa jadi membuat aplikasi CapCut mengalami pemuatan terlalu lama. Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk mengecek jaringan internet Anda di situs tes kecepatan jaringan. Untuk mengecek tes kecepatan internet bisa mencoba beberapa situs berikut ini “5 Situs Tes Kecepatan Internet dan Cara Kerjanya”.

Anda juga bisa mencoba untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kembali mode pesawat untuk membangun kembali koneksi.

Memperbarui aplikasi CapCut

Salah satu penyebab aplikasi CapCut eror adalah, mengalami berbagai bug pada beberapa fiturnya. Hal ini bisa jadi karena aplikasi tidak diperbarui, maka dari itu Anda bisa memperbarui aplikasi CapCut di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Cobalah memperbarui aplikasi untuk mendapatkan versi terbaru aplikasi. Umumnya versi terbaru dari aplikasi akan membantu mengatasi bug dan eror yang terjadi di aplikasi.

Mengurangi penyimpan ponsel yang penuh

Aplikasi CapCut yang loading lama, terlebih lagi jika saat menggunakan template atau mengekspor video bisa jadi dikarenakan penyimpanan ponsel Anda penuh. Terdapat berbagai faktor yang membuat ponsel semakin penuh, mulai dari banyaknya aplikasi yang terinstal, atau video dan foto yang menumpuk.

Maka dari itu agar CapCut lancar kembali, cobalah cek penyimpanan ponsel Anda. Hapus beberapa aplikasi yang sudah tidak penting atau tidak digunakan lagi. Selanjutnya filter video dan foto-foto yang perlu dihapus.

Menghapus cache aplikasi

Cache merupakan data sementara aplikasi yang memudahkaan pengguna untuk mengakses aplikasi lebih cepat dan mudah. Namun tak jarang tumpukan cache ini membuat aplikasi eror atau bug, seperti loading menjadi lebih lama atau crash. Maka dari itu cobalah untuk meghapus cache aplikasi.

  • Untuk ponsel Android
  • Menuju “Setelan”
  • Pilih “Aplikasi”
  • Klik “Kelola Aplikasi”
  • Selanjutnya pilih “CapCut” dan klik “Hapus Data” > “Cache”

Demikian cara mengatasi aplikasi CapCut yang loading terus dan mengalami lagging. Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com