Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Subtitle Otomatis di CapCut, Praktis dan Cepat

Kompas.com - 03/10/2023, 17:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - CapCut merupakan aplikasi edit video dengan beragam fitur yang memudahkan pengguna untuk mengedit konten lebih kreatif.

Salah satunya menambahkan subtitle atau terjemahan video untuk memperjelas audio dalam percakapan. Dengan memanfaatkan fitur aplikasi CapCut, pengguna bisa menambahkan subtitle tanpa manual dan bisa diaktifkan secara otomatis.

Cara ini lebih praktis, mudah, dan cepat dibanding pengguna yang harus mendengarkan audio secara satu per satu. Selain itu gaya atau model teks dapat disesuaikan kebutuhan.

CapCut sendiri menyediakan beragam model teks yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Lantas bagaimana cara membuat subtitle otomatis di CapCut? Selengkapnya berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Berhenti Langganan CapCut Pro di HP dan PC

Cara membuat subtitle otomatis di CapCut

Ilustrasi cara menambahkan subtitle di CapCutKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara menambahkan subtitle di CapCut

  • Buka aplikasi CapCut dan login menggunakan akun CapCut Anda. Anda bisa masuk menggunakan akun Google atau TikTok. CapCut bisa diunduh di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Klik "Buat Proyek"
  • Masukkan video yang ingin Anda edit
  • Klik fitur "Teks"
  • Pilih "Keterangan otomatis"
  • Tunggu progres hingga CapCut menambahkan teks subtitle otomatis
  • Setelah selesai teks akan otomatis muncul di video
  • Kini video Anda muncul teks subtitle otomatis

Baca juga: Cara Menambahkan Foto di Video via CapCut dengan Fitur Overlay

Kendati demikian teks yang muncul di subtitle otomatis biasanya memiliki pelafalan kata yang kurang tepat sehingga Anda harus mengeditnya terlebih dahulu.

Untuk mengedit teks subtitle, pengguna bisa mengeditnya secara langsung dan mengubahya dengan mudah. Tap teks subtitle dan mengubahnya.

Saat ini kreator konten umumnya menambahkan teks terjemahan di videonya untuk menambah pengalaman audiens menikmati konten.

Demikian cara menambahkan teks subtitle di aplikasi CapCut. Apabila Anda ingin menambahkan lagu di CapCut dapat menuju "Cara Mencari Lagu di CapCut Sesuai Keinginan". Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com