Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Kemampuan Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

Kompas.com - 21/12/2023, 18:19 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung disinyalir tengah bersiap meluncurkan lini flagship Galaxy S24 series, yang rumornya bakal meluncur pada Januari 2024 mendatang.

Meski belum dirilis, sudah banyak bocoran terkait lini ponsel penerus Galaxy S23 series beredar di jagat maya. Salah satunya soal fitur kamera Samsung Galaxy S24 Ultra.

Menurut pembocor gadget bernama Ice Universe di media sosial X (dahulu Twitter), ada dua fitur kamera yang bakal dimiliki Samsung S24 Ultra, yakni fitur Night Mode yang ditingkatkan, dan mode kamera 200 MP yang mengandalkan optimisasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Ice Universe tidak mengumbar seperti apa peningkatan Night Mode yang dimaksud.

Yang jelas, Night Mode sendiri merupakan fitur fotografi dalam kondisi minim cahaya, yang mampu mengurangi efek butiran film (film grain) dan cacat lainnya untuk meningkatkan kualitas gambar.

Situs teknologi Wccftech menjelaskan bahwa Samsung bisa saja mempersingkat durasi pemrosesan gambar Night Mode.

Sebab, biasanya smartphone Samsung membutuhkan beberapa detik untuk memproses dan menyimpan foto Night Mode ke dalam galeri pengguna. Dengan begitu, pengguna harus menunggu lama jika ingin mengambil beberapa foto berturut-turut.

Fitur kamera Samsung S24 Ultra berikutnya adalah mode 200 MP dengan optimisasi AI. Algoritma sensor kamera utama tersebut diklaim bisa mendeteksi 12 objek berbeda, kemudian mengoptimalkanya untuk menghasilkan kualitas foto yang lebih baik.

Ice Universe tidak merincikan daftar 12 objek tersebut, tetapi asumsinya sensor ini bisa mendeteksi objek seperti manusia atau bunga, kemudian secara otomatis mengubah pengaturan kamera sesuai dengan objek yang dipotret.

Masih soal AI, bocoran terpisah dari tipster Bennett Bruhner mengeklaim bahwa Galaxy S24 series bakal memiliki fitur AI untuk mengurangi grain dalam video, meningkatkan stabilisasi, pencahayaan, dan lain sebagainya.

Penggunaan deretan fitur AI ini dimungkinkan, karena Samsung Galaxy S24 Ultra kabarnya menjadi satu-satunya varian Galaxy S24 series yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy.

Ada kemungkinan Samsung menghadirkan Galaxy S24 series dalam varian chipset Exynos 2400 di sejumlah pasar.

Qualcomm menghadirkan banyak fitur AI di Snapdragon 8 Gen 3, dan Samsung S24 Ultra memanfaatkan beragam fitur kecerdasan buatan tersebut, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Kamis (21/12/2023).

Di luar sejumlah fitur yang sudah disebutkan, bocoran sebelumnya mengeklaim bahwa Samsung akan menghadirkan fitur Photo Remaster.

Fitur ini akan meningkatkan kualitas gambar dalam tahap pemrosesan, kemudian memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan lanjutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com