Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Fitur Find My Device

Kompas.com - 20/01/2024, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda lupa meletakkan HP atau kehilangan ponsel Anda? Hal ini tentu menjadi masalah genting mengingat ponsel merupakan perangkat penting yang biasa digunakan sehari-hari. Kehilangan ponsel juga membahayakan data-data Anda yang tersimpan di perangkat.

Namun setiap perangkat saat ini biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan. Salah satunya fitur pelacakan ponsel yang hilang. Apabila di iPhone fitur ini bisa ditemui dengan fitur “Find My”, nah bagi Anda pengguna HP Android cara melacak HP yang hilang bisa dilakukan dengan fitur Find My Device.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan Google pada tahun 2013 dengan nama “Android Device Manager” dan berganti dengan nama baru dengan “Find My Device” di 2017. Pengguna yang memanfaatkan fitur ini bisa menemukan ponsel yang hilang karena terselip, terjatuh, atau dicuri.

Lantas bagaimana cara melacak HP Android yang hilang dengan fitur Find My Device? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Baca juga: Fitur Find My Device di Android 14 Bisa Lacak Ponsel Hilang meski Keadaan Mati?

Cara melacak HP Android dengan Find My Device

Ilustrasi find my deviceKompas.com/soffyaranti Ilustrasi find my device

  • Buka URL android.com/find di browser laptop
  • Pastikan sudah login dengan akun Google yang sama dengan smartphone yang terselip atau hilang
  • Pengguna juga bisa mengunduh aplikasi Find My Device lewat tautan berikut ini
  • Selanjutnya di browser atau aplikasi pengguna akan melihat ponsel yang terdeteksi
  • Pilih perangkat yang ingin Anda temukan, misalnya “Redmi Note 10S”
  • Selanjutnya ponsel tersebut mendapatkan notifikasi bahwa “Find My Device” telah menemukan lokasi ponsel
  • Saat berhasil dilacak, ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi bahwa "Find My Device" telah menemukan lokasi ponsel tersebut
  • Sementara di sisi lain, pengguna bakal melihat "pin" lokasi ponsel di peta
  • Ketika diklik, pengguna akan dialihkan ke aplikasi Google Maps. Pengguna juga bakal melihat informasi ponsel seperti sisa daya baterai dan nama internet yang sedang terhubung dengan ponsel.
  • Kemudian Google akan menyediakan tiga fitur untuk menemukan dan mengamankan ponsel

Fitur-fitur Find My Device untuk mengamankan ponsel

  • Play Sound (putar suara): Fitur ini memungkinkan ponsel yang hilang berdering selama 5 menit, meskipun dalam mode senyap. Pengguna bisa mencari dering ponsel di perkiraan lokasi yang ditampilkan di peta.
  • Secure Device: Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci ponsel dengan PIN, pola, atau kata sandi dengan jarak jauh (remote). Apabila tidak memiliki kunci, pengguna bisa bisa menyetelnya. Pengguna juga bisa menambahkan pesan dan nomor telepon untuk membantu seseorang mengembalikan ponsel pengguna yang hilang.
  • Erase Device: Fitur ini memungkinkan pengguna menghapus semua data di ponsel yang hilang secara permanen. Hal ini berguna agar orang lain tidak bisa mendapatkan data pengguna.

Syarat menggunakan Find My Device

Kendati demikian agar fitur ini berfungsi dengan baik, maka perangkat pengguna harus memenuhi syarat-syarat berikut ini.

Ponsel harus dalam keadaan hidup

Agar ponsel bisa dilacak dengan fitur Find My Device, maka ponsel dalam keadaan hidup. Ponsel harus memiliki daya baterai untuk tetap aktif. 

Ponsel terhubung dengan akun Google

Setidaknya ponsel harus terhubung dengan akun Google. Hal ini diperlukan saat melacak ponsel yang di URL android.com/find. 

Terkoneksi internet

Ponsel juga harus terhubung dengan koneksi WiFi atau mobile data. Hal ini dikarenakan nantinya Google bakal “menghubungi” perangkat yang dicari lewat internet.

Ponsel terlihat di Google Play

Pengguna juga harus memastikan bahwa ponsel Androi terlihat di Google Play. Anda bisa mengeceknya di play.google.com/library/devices. Pastikan seluruh ponsel Android pengguna sudah memiliki tanda ceklis di bagian "tampilkan di menu".

Lokasi diaktifkan

Perhatikan dalam menyetel perizinan akses lokasi ponsel ke mode “aktif”. Dengan begitu Google bisa melacak posisi HP pengguna dan menampilkan lokasi HP di Google Maps.

Fitur Find My Device harus aktif

Biasanya fitur ini sudah aktif secara bawaan, namun tak ada salahnya memastikan fitur ini aktif. Cara mengaktifkannya bisa dengan cara berikut ini:

  • Buka Settings Klik "Security" atau "Privacy"
  • Klik "Find My Device"
  • Pastikan toggle ke arah "on"

Baca juga: Cara Kerja Fitur Find My untuk Lacak iPhone dan MacBook

Demikian cara melacak HP Android yang hilang dengan fitur Find My Device. Sekali lagi perhatikan sebelum menggunakannya, pastikan enam syarat di atas telah terpenuhi. Selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com