Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Backup, Restore, dan Recovery dalam Mengelola Data yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 22/01/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui perbedaan backup, restore, dan recovery dalam mengelola data. Setiap waktu pengguna dapat membuat data di berbagai perangkat, seperti komputer, smartphone, tablet, dan lainnya.

Data itu bisa berupa foto, arsip percakapan, dokumen, dan masih banyak lagi. Data-data yang dibuat pada perangkat itu perlu dikelola supaya aman dan terhindar dari kerusakan serta kehilangan yang disengaja atau tidak disengaja.

Baca juga: 5 Cara Backup Data dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Dalam mengelola data, terdapat beberapa istilah tindakan yang mungkin tidak asing lagi, yakni backup, restore, dan recovery. Tiap tindakan itu memiliki perbedaan untuk mengelola data. Lantas, apa perbedaan backup, restore, dan recovery?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai perbedaan backup, restore, dan recovery.

Perbedaan backup, restore, dan recovery

TIndakan backup, restore, dan recovery secara umum memiliki tujuan yang sama dalam mengelola data, yaitu mengamankan data dari kerusakan atau kehilangan yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Meski punya tujuan yang sama, ketiga tindakan tersebut memiliki corak proses yang berbeda. Untuk mengetahui, proses dari backup, restore, dan recovery, kiranya pengguna perlu mengetahui dulu masing-masing pengertiannya.

Pengertian backup

Backup adalah tindakan atau proses untuk membuat cadangan atau salinan data yang terdapat pada sebuah komputer atau perangkat lainnya.

Dalam tindakan backup, salinan data dari sebuah komputer atau perangkat lainnya itu akan disimpan pada perangkat penyimpanan yang lokasinya terpisah (perangkat penyimpanan eksternal) atau media penyimpanan lain yang berbeda seperti Cloud.

Tindakan backup data memiliki tujuan utama, yaitu untuk melindungi data atau informasi penting milik pengguna dari masalah kehilangan data akibat kerusakan perangkat keras, kegagalan sistem, serangan malware, atau kesalahan tindakan.

Data yang sudah dicadangkan atau di-backup bakal lebih aman karena dapat dipulihkan sewaktu-waktu jika terjadi masalah kehilangan data. Proses backup melibatkan pembuatan salinan data yang dapat dipulihkan dengan mudah jika terjadi kejadian yang merugikan.

Proses mencadangkan data atau backup data dapat dilakukan secara berkala, seperti harian, mingguan, atau bulanan, bergantung kebutuhan pengguna dan tingkat kepentingan data.

Untuk mencadangkan data, terdapat beberapa cara yang biasa dilakukan. Adapun beberapa cara backup data adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Hard Disk eksternal

Cara backup data yang pertama adalah dengan menggunakan perangkat penyimpanan Hard Disk atau Hard Drive eksternal. Saat ini, terdapat dua jenis Hard Disk eksternal yang tersedia, yakni HDD (Hard Disk Drives) dan SSD (Solid State Drives).

Untuk mencadangkan data menggunakan Hard Disk eksternal, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Adapun cara backup data melalui Hard Disk eksternal adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan software backup bawaan komputer

Sebagian besar komputer dilengkapi dengan software yang secara otomatis akan mencadangkan file ke perangkat penyimpanan eksternal. Dengan software itu, saat Hard Disk eksternal terhubung di komputer, proses backup data bakal berjalan otomatis.

Software backup bawaan ini salah satu contohnya seperti aplikasi Time Machine yang terdapat di komputer berbasis MacOS (Mac).

  • Menyalin file secara manual

Untuk backup data, pengguna juga bisa menyalin file dari komputer atau perangkat lain ke Hard Disk eksternal secara manual. Menyalin data secara manual ini bisa lebih banyak memakan waktu.

2. Menggunakan Flash Disk

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com