Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian LAN Card, Lengkap dengan Komponen, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Kompas.com - 03/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa komponen yang perlu diketahui pengguna ketika mempelajari pengoperasian komputer. Salah satunya adalah LAN (Local Area Network) Card atau biasa disebut juga dengan NIC (Network Interface Card).

LAN Card merupakan perangkat keras yang memiliki peran penting dalam sebuah komputer. Tanpa LAN Card, sebuah komputer tidak bisa berkomunikasi atau terhubung dengan jaringan lokal atau jaringan internet.

Baca juga: Komponen Komputer: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Mengingat perannya yang cukup penting, pengguna perlu mengetahui LAN Card dalam sebuah komputer. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian LAN Card hingga cara kerjanya.

Lantas, pertama-tama, apa yang dimaksud dengan LAN Card? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai pengertian LAN Card.

Pengertian LAN Card

Perlu diketahui dulu, komputer itu terdiri dari beberapa komponen penyusun. Secara umum, komponen komputer meliputi perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage.

Dalam keseluruhan komponen komputer itu, LAN Card atau NIC termasuk sebagai perangkat processing. LAN Card adalah perangkat keras berupa papan sirkuit yang memiliki tugas utama untuk menghubungkan komputer dengan jaringan lokal atau jaringan internet.

LAN Card merupakan perangkat keras yang diperlukan komputer untuk dapat berkomunikasi dengan jaringan lain seperti jaringan ethernet dan internet secara nirkabel atau menggunakan kabel.

Setiap NIC atau LAN Card mewakili sebuah komputer untuk berkomunikasi dengan jaringan. Dalam sebuah komputer, LAN Card memiliki tanggung jawab untuk dapat menyiapkan, mengirim, dan mengontrol aliran data di jaringan.

LAN Card menggunakan arsitektur jaringan atau model OSI (Open System Interconnection) untuk mengirimkan sinyal pada lapisan fisik, mentransmisikan data pada lapisan jaringan, dan berfungsi sebagai antarmuka pada lapisan protokol komunikasi TCP/IP.

Dalam sebuah komputer, LAN Card umumnya terpasang secara terpisah pada slot ekspansi di komponen papan sirkuit utama alias Motherboard. Akan tetapi, terdapat juga LAN Card yang terpasang secara bawaan atau built-in di komputer.

Komponen LAN Card

Dikutip dari laman Tech Target, LAN Card atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan kartu jaringan, memiliki beberapa komponen yang menyusun atau mendukungnya. Adapun beberapa komponen LAN Card adalah sebagai berikut.

1. Speed atau kecepatan transmisi data

Semua LAN Card memiliki tingkat kecepatan transmisi data. Kecepatan ini menunjukkan kinerja LAN Card saat diimplementasikan dalam jaringan dengan bandwidth yang cukup. Umumnya, kecepatan LAN Card meliputi 10 Mbps, 100 Mbps, 1000 Mbps, dan 1 Gbps.

2. Driver

Driver adalah perangkat lunak yang diperlukan yang mengirimkan data antara sistem operasi komputer dengan LAN Card. Ketika LAN Card dipasang di komputer, driver yang sesuai juga diunduh. Driver harus tetap diperbarui agar kinerjanya tetap optimal.

3. Mac Address

Setiap LAN Card memiliki Mac Address yang unik dan tidak dapat diubah. Fungsi Mac Address adalah untuk menjadi identitas komputer yang dapat dikenali jaringan, sehingga keduanya dapat berkomunikasi.

4. Connectivity LED atau LED koneksi

Sebagian besar LAN Card memiliki lampu indikator LED yang terintegrasi ke dalam konektor. Lampu LED koneksi itu berfungsi untuk memberitahu pengguna kapan jaringan terhubung dan data sedang ditransmisikan di sebuah komputer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com