Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Apple Music, Bisa Bikin Playlist Lagu Bareng Teman

Kompas.com - 25/01/2024, 19:09 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Apple merilis sistem operasi (OS) iPhone terbaru, iOS 17.3, pada Selasa (23/1/2024) lalu. Sistem operasi ini membawa sejumlah fitur anyar, salah satunya fitur di aplikasi Apple Music.

Fitur tersebut bernama "Collaborative Playlist". Fitur ini memungkinkan pengguna di platform streaming musik Apple Music membuat daftar putar (playlist) musik bersama teman-teman dan keluarga.

Pengguna bisa saling mengundang untuk memilih lagu dalam playlist bersama. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan emoji untuk memberikan reaksinya terhadap lagu tertentu.

Tampilan fitur Collaborative Playlist di Apple MusicTechCrunch Tampilan fitur Collaborative Playlist di Apple Music
Ini berbeda dari versi sebelumnya, di mana pengguna Apple Music hanya bisa membagikan playlist miliknya. Pada versi sebelumnya, pengguna lain juga tidak bisa menambahkan musik atau memodifikasi playlist tersebut.

Kehadiran fitur kolaborasi di Apple Music ini akan mempermudah pengguna yang ingin memilih musik untuk sebuah pesta, acara, dan perjalanan yang panjang ketika pengguna sedang berlibur.

Adapun Collaborative Playlist awalnya direncanakan untuk digelontorkan bersama iOS 17 pada Juni 2023. Akan tetapi, fitur playlist bersama itu diundur hingga 2024. Fitur ini dirilis beberapa bulan setelah Spotify menggulir fitur serupa dengan nama "Jam".

Baca juga: Paket Termurah Apple Music Dihentikan Mulai November

Cara menggunakan Collaborative Playlist

Tampilan fitur Collaborative Playlist di Apple MusicCNET Tampilan fitur Collaborative Playlist di Apple Music
Untuk menggunakan fitur Collaborative Playlist di Apple Music, pengguna pertama-tama harus berlangganan layanan Apple Music terlebih dahulu.

Ada tiga opsi yang ditawarkan, yakni Pelajar seharga Rp 35.000 per bulan, Perorangan seharga Rp 55.000 per bulan, dan Keluarga seharga Rp 85.000 per bulan. Makin mahal opsinya, makin banyak pula fitur yang ditawarkan.

Setelah berlangganan, langkah berikutnya adalah membuka Apple Music kemudian membuat playlist baru atau membuka playlist yang sudah ada. Di bagian kanan atas aplikasi, ada tombol "Collaborate" yang bisa diketuk.

Pengguna pun bisa mengundang teman atau keluarga untuk mengakses playlist tersebut. Pihak yang mendapatkan undangan bakal mendapatkan pesan untuk bergabung dalam playlist itu.

Semua pengguna dalam playlist bisa menambah, menghapus, dan mengurutkan musik yang ada.

Setiap lagu yang ditambahkan bakal memiliki ikon pengguna, sehingga pengguna bisa mengetahui siapa yang menambahkan musik tersebut ke playlist. Ketika musik diputar dalam tampilan layar penuh, pengguna bisa memberikan reaksi emoji pada lagu tersebut.

Emoji itu akan muncul di sebelah kanan judul lagu. Bila diketuk, pengguna bisa melihat siapa saja pengguna yang memberikan reaksi emoji tertentu.

Fitur lainnya di iOS 17.3

Selain Collaborative Playlist, Apple juga mengumumkan bahwa pengguna bisa ikut memilih musik yang diputar di mobil dengan fitur "SharePlay".

SharePlay adalah fitur yang memungkinkan pengguna menyinkronkan berbagai media seperti musik dan video, sehingga pengguna dan lawan bicara dalam panggilan video FaceTime bisa bersama-sama menikmati media tersebut.

Baca juga: Apple Mendadak Rilis iOS 17.1.2 Tambal Celah Berbahaya, Pengguna iPhone Wajib Update

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com