Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OpenAI Umumkan GPT 3.5 Turbo yang Lebih Murah

Kompas.com - 27/01/2024, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenAI

KOMPAS.com - OpenAI mengumumkan pengembangan terbaru mereka seputar mesin bahasa (large language model/LLM) chatbot ChatGPT, utamanya untuk GPT-3.5 Turbo dan GPT-4 Turbo.

Kini, harga pemakaian layanan GPT-3.5 Turbo untuk suatu aplikasi atau program (API) yang dirancang untuk pasar komersil dibuat lebih terjangkau.

Dibandingkan sebelumnya, layanan input (pemrosesan teks dari pengguna) GPT-3.5 Turbo kini 50 persen lebih murah dengan 0,0005 dollar AS (sekitar Rp 8) per 1.000 token.

Baca juga: OpenAI Umumkan GPT-4 Turbo dan GPTs

Kemudian untuk layanan output (hasil prediksi chatbot untuk pengguna) GPT-3.5 Turbo 25 persen lebih murah dengan 0,0015 (sekitar Rp 24) per 1.000 token.

Token sendiri merupakan satuan untuk menghitung jumlah karakter atau kata yang diproses oleh ChatGPT. Satu token bisa berarti satu karakter atau satu kata dalam sebuah kalimat, tergantung dengan hitungan sistem yang kompleks.

Karena menggunakan token, biaya pemakaian mesin ChatGPT, seperti GPT-3.5 Turbo di atas, tentunya akan semakin tinggi seiring dengan banyaknya kata atau kalimat yang dimasukkan pengguna.

Selain memangkas harga GPT-3.5 Turbo, OpenAI juga meningkatkan kemampuan dan memperbaiki beberapa masalah (bug) yang ada di mesin ChatGPT ini melalui versi GPT-3.5 Turbo 0125.

Baca juga: 5 Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT, Salah Satunya Bisa Deteksi Gambar

Menurut OpenAI, GPT-3.5 Turbo kini dapat merespons perintah pengguna lebih akurat, dan mesin tersebut akan lebih pintar untuk memproses teks pengguna yang berasal dari bahasa selain bahasa Inggris.

GPT-4 Turbo diperbarui, "kemalasannya" dikurangi

DI samping GPT-3.5 Turbo, mesin ChatGPT lain yang lebih mumpuni, yaitu GPT-4 Turbo juga ikutan diperbarui.

Kini, tingkat "kemalasan" mesin tersebut dikurangi. Menurut OpenAI, di versi sebelumnya, GPT-4 Turbo dianggap "malas" karena terkadang tidak berhasil menyelesaikan suatu tugas atau pemrosesan yang diberikan.

Namun kini, lewat GPT-4 Turbo versi 0125, tingkat kemalasan tersebut lebih dikurangi, sehingga perusahaan atau pembuat aplikasi yang memakai API GPT-4 Turbo tak begitu rugi.

Selain pengurangan tingkat kemalasan, GPT-4 Turbo juga mendapatkan peningkatan lainnya, salah satunya seperti kemampuan untuk menyelesaikan dan merancang kode lebih baik dari versi sebelumnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari OpenAI.com, Sabtu (27/1/2024), pembaruan GPT-3.5 Turbo akan hadir sekitar minggu depan, sedangkan pembaruan GPT-4 Turbo masih dalam tahap awal (preview) dan akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Informasi selengkapnya mengenai pembaruan mesin ChatGPT ini bisa dibaca dalam blog OpenAI di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com