Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Ikut Kuis Kawula17 buat Bantu Tentukan Pilihan Presiden 2024

Kompas.com - 31/01/2024, 10:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Warganet tengah ramai membagikan hasil survei pilihan Presiden 2024 yang berasal dari link Kawula17. Hasil survei tersebut menampilkan tiga hasil persentase suara pengguna pada beberapa calon Presiden. Persentase terbesar akan berada di urutan teratas. 

Adapun hasil suara didasarkan pada beberapa pertanyaan yang telah difilter dari visi misi ketiga Pasangan Calon (Paslon). Kuis ini menggunakan aplikasi Voting Advice Application yang bisa diakses di situs Kawula17.

Pengguna bisa mencoba mengikuti kuis secara gratis dengan menjawab beberapa pertanyaan isu-isu politik, ekonomi, dan sosial terkini. 

Bagi Anda yang penasaran gambaran aplikasi dan cara mengikuti kuisnya, selengkapnya berikut ini uraian aplikasi VAA Kawula17 dan cara mengikutinya. 

Baca juga: Twitter Izinkan Lagi Iklan Politik Setelah 4 Tahun Dilarang

Apa itu aplikasi VAA Kawula17?

Dilansir dari laman resmi kawula17.id, situs ini merupakan Voting Advice Application (VAA) yang dirancang membantu masyarakat untuk memahami preferensi politik mereka lebih baik.

Aplikasi ini membantu pengguna melalui pendekatan pandangan mereka terkait isu yang hangat diperbincangkan di masyarakat. Kawulal17 sendiri berada di naungan yayasan independen PP17 yang beroperasi secara otonom.

VAA Kawula17 ini nantinya akan menampilkan berbagai kuis yang bersangkutan dengan relevansi dengan isu politik, ekonomi, sosial, dan politik serta sikap yang diambil oleh partai politik secara terkini.

Link dan cara ikut kuis Kawula17

Link Kawula17kawula17.id Link Kawula17

  • Buka link https://kawula17.id/ 
  • Pada bagian beranda klik bagian “Tentukan capres dan cawapres yang sesuai denganmu!”
  • Klik “Mulai”
  • Baca disklaimer dan pilih “Selanjutnya”
  • Nantinya terdapat beberapa pernyataan untuk masing-masing isu yang perlu Anda isi. Klik “Selanjutnya”
  • Selanjutnya isi beberapa kuis berdasarkan preferensi masing-masing
  • Setelah menjawab seluruh kuis, Anda akan menerima hasil persentase suara masing-masing ketiga calon
  • Pada kolom “Bagikan” untuk membagikan hasil survei kuis Kawula 17 di berbagai media sosial

Baca juga: Diteken Presiden Jokowi, UU ITE Jilid II Resmi Berlaku

Sebagai informasi tujuan Kawula17 adalah untuk memberikan rekomendasi berdasarkan kedekatan Anda dengan isu-isu yang diusung oleh kandidat (wakil) presiden.

Pernyataan opsi jawaban dalam kuis ini juga disarikan dari dokumen Visi dan Misi masing-masing Capres dan Cawapres serta Debat Capres/Cawapres 1-4 2023-2024.

Daftar kuis ini memungkinkan untuk membantu masyarakat melihat gambaran paslon mana yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Untuk informasi selengkapnya terkait kuis Kawula17, Anda bisa menelusuri selengkapnya di situs resmi kawula17.id. Itulah link dan cara ikut kuis Kawula17. Selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com