Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas E-sport eFootball Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023

Kompas.com - 06/02/2024, 08:02 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Timnas e-sports Indonesia menjadi juara AFC eAsian Cup 2023. Indonesia mengalahkan Jepang di laga final yang digelar di Virtuocity esports Arena, Qatar, pada Senin (5/2/2024) malam waktu Indonesia.

Dalam kompetisi e-sports yang menjadi bagian dari ajang AFC Asian Cup ini ada sebanyak 20 tim dari negara yang berbeda. Mereka berlaga di game eFootball 2024 konsol PlayStation 5 (PS5).

Dalam kompetisi ini, setiap pertandingan digelar dalam durasi sekitar 12 menit. Pertandingan ini menggunakan komposisi 2 pemain untuk setiap tim (2 lawan 2).

Timnas e-sports Indonesia diwakili oleh Rizky Faidan, Elga Cahaya Putra, dan Akbar Paudie. Rizky dan Elga adalah dua pemain yang bertanding di partai final ini.

Laga final Indonesia vs Jepang ini digelar dalam format Best of 3 (Bo3). Artinya, tim yang meraih dua poin kemenangan (2-0 atau 2-1) menjadi juara.

Baca juga: 2 Tim E-sports Indonesia Ikuti Turnamen Mobile Legends Rusia

Pada pertandingan pertama skor Indonesia dan Jepang berakhir 1-1. Kemenangan Indonesia di laga pertama harus diraih lewat drama adu pinalti.

Indonesia dan Jepang sama-sama menampilkan permainan menyerang. Permainan yang ditampilkan Rizky dan Elga tampak lebih rapi ketimbang saat laga semifinal ketika mengalahkan Uni Emirat Arab.

Jual beli serangan terjadi. Skor 1-1 bertahan hingga perpanjangan waktu berakhir. Dalam adu pinalti, Indonesia unggul 3-2.

Pada pertandingan kedua, Indonesia dan Jepang sama-sama bermain apik. Satu-satunya gol tercipta lewat tendangan bebas pada masa perpanjangan waktu.

Gol ini memastikan kemenangan untuk tim e-sports Indonesia untuk mengunci gelar juara AFC eAsian Cup 2023.

Baca juga: Arab Saudi Gelar E-sports World Cup 2024, Berhadiah Rp 150 Miliar

Ini adalah pertama kalinya laga e-sports digelar dalam ajang AFC Asian Cup. Indonesia menjadi negara pertama yang menjuarai kompetisi ini.

Kendati demikian tidak disebutkan nominal hadiah yang diperoleh dalam kompetisi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com