Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Google Docs di HP dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 09/02/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara menggunakan Google Docs di HP (handphone). Pasalnya, dengan menggunakan Google Docs di HP, pengerjaan tugas mengolah atau menyusun teks menjadi lebih mudah.

Sebagaimana cukup umum diketahui, Google Docs merupakan program pengolah kata berbasis online yang dapat diakses di berbagai perangkat, termasuk HP, dengan menggunakan koneksi internet.

Baca juga: Apa Itu Google Docs? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Di HP, Google Docs tersedia dalam format aplikasi. Lantaran berbasis online dan berformat aplikasi, pengguna dapat dengan mudah membuka Google Docs. Alhasil, pengguna bisa menyusun berbagai jenis teks kapan pun dan di mana pun cukup lewat HP.

Oleh karena itu, untuk membantu mempermudah pekerjaan pengolahan teks, pengguna perlu menguasai cara menggunakan Google Docs di HP. Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Docs di HP?

Tak semua pengguna mungkin telah menguasai langkah-langkah menggunakan Google Docs di HP. Akan tetapi, jika belum tahu langkahnya, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap soal cara menggunakan Google Docs di HP.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah mengenai langkah-langkah menggunakan Google Docs di HP dengan mudah dan praktis.

Langkah-langkah menggunakan Google Docs di HP

Terdapat langkah-langkah dasar dalam menggunakan Google Docs yang perlu diketahui pengguna, mulai dari cara mengakses hingga berbagi dokumen. Adapun beberapa cara menggunakan Google Docs di laptop adalah sebagai berikut.

1. Mengakses Google Docs

Langkah pertamanya adalah pengguna perlu mengakses Google Docs. Untuk mengakses Google Docs, pengguna harus memiliki akun Google atau akun Gmail. Setelah itu, pengguna dapat mengakses aplikasi Google Docs di HP.

Aplikasi Google Docs di HP bisa diunduh melalui masing-masing toko aplikasi resmi, App Store (iPhone) atau Play Store (Android). Setelah memiliki aplikasi Google Docs di HP, pengguna dapat membukanya dan login akun Google di aplikasi tersebut.

2. Membuat dokumen di Google Docs

Setelah berhasil login, pengguna dapat mulai membuat dokumen di Google Docs. Cara membuat dokumen di Google Docs cukup mudah. Pengguna tinggal klik ikon tambah yang terdapat pada halaman awal Google Docs dan pilih opsi “New Document”.

3. Mengedit teks di Google Docs

Setelah berhasil membuat dokumen baru di Google Docs, pengguna dapat mengedit teks dengan berbagai alat pemformatan yang tersedia, seperti pengaturan font, pengaturan format teks, pengaturan tata letak teks dalam halaman, dan masih banyak lagi.

Alat pemformatan ini tersedia di bagian bawah halaman dokumen Google Docs. Untuk menambahkan gambar atau tabel ke dokumen, pengguna bisa klik ikon tambah di halaman untuk mengakses menu Insert atau Sisipkan.

4. Menyimpan dan mengunduh dokumen di Google Docs

Dokumen yang selesai dibuat dan diedit bakal tersimpan secara otomatis di Google Docs. Jadi, pengguna tak perlu melakukan tindakan penyimpanan dokumen secara manual. Setiap perubahan di dokumen bakal langsung disimpan di Google Docs.

Perlu diketahui, penyimpanan di Google Docs ini berbasis Cloud dari Google Drive. Jadi, dokumen-dokumen yang tersimpan di Google Docs pada dasarnya bakal memakan ruang penyimpanan di Google Drive.

Selain menyimpan, pengguna juga dapat mengunduh dokumen di Google Docs supaya bisa dibuka secara offline di perangkat. Cara mengunduh dokumen di Google Docs itu mudah. Pengguna tinggal klik menu File dan pilih opsi “Download”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com