Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis MicroSD Khusus untuk AI di Smartphone

Kompas.com - 05/03/2024, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan dua kartu memori baru berjenis microSD, yaitu Samsung 256 GB SD Express dan 1 TB UHS-I microSD.

Vice President Memory Brand Product Biz Team Samsung Electronics, Hangu Sohn mengatakan kedua microSD ini hadir untuk mendukung kinerja kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di smartphone masa kini.

"Sebab, meski bentuknya kecil, kedua microSD ini dapat memberikan performa dan kapasitas setara dengan SSD, sehingga bisa membantu pengguna menjalankan berbagai aplikasi smartphone yang membutuhkan memori cepat," ujar Sohn.

Berbicara performa, 256 GB SD Express memiliki transfer data yang cukup cepat. Samsung mengeklaim kartu memori ini memiliki kecepatan memproses atau "membaca" (read speed) hingga 800 MB/s.

Baca juga: Samsung Umumkan Kartu Memori MicroSD yang Sekencang SSD

Angka tersebut jauh lebih cepat dari kartu memori tipe UHS-I yang memiliki read speed 104 MB/s dan nyaris 1,5 lipat lebih cepat dari media penyimpanan (storage) SSD berjenis SATA dengan kecepatan read speed 560 MB/s.

Samsung UHS-I microSD 1 TB.HardwareZone Samsung UHS-I microSD 1 TB.

Kartu memori Samsung baru lainnya, yaitu 1 TB UHS-I microSD merupakan kartu microSD yang memiliki kapasitas besar, yaitu 1 TB, seperti namanya.

Namun tak seperti 256 GB SD Express, 1 TB UHS-I microSD hanya memiliki kecepatan read speed yang mentok di angka 104 MB/s.

Baca juga: Siap-siap, Harga SSD Bakal Melonjak di 2024

Beralih ke fitur pendukung, 256 GB SD Express turut dibekali dengan aneka fitur lain untuk meningkatkan performanya, meliputi Boot Support, Trusted Computing Group Storage, dan Replay Protected Memory Block Authenticated Memory.

Sementara itu, fitur lain yang ada di 1 TB UHS-I microSD mencakup perlindungan terhadap air dan suhu atau cuaca ekstrem, tahan banting, tahan terhadap karat, serta tahan terhadap sinar X dan efek tarikan dari besi magnet.

Untuk ketersediaan, 256 GB SD Express disebut akan mulai dijual Samsung sekitar tahun ini, sedangkan 1 TB UHS-I microSD diperkirakan akan meluncur sekitar kuartal III-2024, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (5/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com