Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SanDisk Luncurkan Kartu Memori MicroSD 1,5 TB, Diklaim Terkencang di Dunia

Kompas.com - 19/10/2023, 14:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber 9to5Toys

KOMPAS.com - Pengguna perangkat mobile yang ingin memperbesar ruang penyimpanannya kini memiliki lebih banyak pilihan dengan hadirnya kartu memori microSD baru dari SanDisk.

Produk dari seri SanDisk Ultra tersebut menawarkan kapasitas ekstra lega, 1,5 TB atau 1.500 GB, dan baru saja diperkenalkan oleh Wester Digital selaku pemilik brand SanDisk.

Dalam sebuah posting di Twitter, akun resmi SanDisk mengklaim produk ini sebagai "kartu memori microSD 1,5 TB terkencang di dunia".

Baca juga: SanDisk Rilis SSD Portabel Tahan Banting di Indonesia

"Ideal untuk perangkat Android, Chromebook, dan laptop Windows, microSD SanDisk Ultra bisa memperbesar penyimpanan Anda sehingga Anda bisa lebih banyak bereksplorasi," kicau @SanDisk.

Dengan dukungan standar UHS-I, kecepatan transfer data (read) dari karu memori microSD SanDisk Ultra 1,5 TB mencapai 150 MB per detik ketika dipasangkan dengan card reader microSD SanDisk MobileMate USB 3.0.

Angka 150 MB per detik mungkin terkesan biasa saja karena memang ada kartu microSD yang lebih kencang. Misalnya, lini Pro Plus dari Samsung yang mencapai 180 MB per detik. Varian Pro Ultimate dari pabrikan itu bahkan mencapai 200 MB per detik.

SanDisk sendiri memiliki lini kartu memori microSD SanDisk Extreme UHS-I yang kecepatannya bisa menyentuh angka hingga 190 MB per detik.

Klaim "terkencang" dari SanDisk di sini mengacu pada "microSD berkapasitas 1,5 TB". Biasanya, kapasitas maksimal lini produk microSD adalah 1 TB. Baru segelintir pabrikan yang menelurkan kartu dengan kapasitas 1,5 TB.

Baca juga: SSD Eksternal SanDisk Banyak Dikeluhkan Rusak, Western Digital Digugat

Selain SanDisk, tahun lalu Micron sudah lebih dulu merilis produk kartu memori microSD dengan kapasitas 1,5 TB, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Toys, Kamis (19/10/2023).

Kartu memori microSD SanDisk Ultra UHS-I 1,5 TB datang dengan garansi selama 10 tahun dan dijual seharga 150 dollar AS atau sekitar Rp 2,4 juta di toko online Western Digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com