Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Vivo T3X 5G Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Baterai Jumbo

Kompas.com - 18/04/2024, 19:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Vivo, memperkenalkan perangkat terbarunya, yakni Vivo T3x di pasar India pada Rabu (17/4/2024). Smartphone ini merupakan penerus dari Vivo T2x yang sudah dirilis lebih dulu pada Mei 2022.

Sebagai suksesor, Vivo T3X membawa sejumlah penyegaran, baik dari sektor hardware, desain, hingga software-nya. Ponsel baru dari seri T ini ditenagai chipset besutan Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 (4nm).

Berbeda dengan pendahulunya yang masih mengandalkan MediaTek Dimensity 1300, Snapdragon 6 Gen 1 menjanjikan performa yang cepat sehingga mampu menawarkan pengalaman pengguna yang lebih mulus.

Ilustrasi chip Snapdragon 6 Gen 1 yang disematkan ke HP Vivo T3xVivo India Ilustrasi chip Snapdragon 6 Gen 1 yang disematkan ke HP Vivo T3x

System-on-Chip tersebut terdiri dari delapan inti disertai peningkatan kinerja grafis.

Masih soal hardware, Vivo T3X disokong oleh baterai yang terbilang jumbo, yakni 6.000 mAh, Salah saru spesifikasi warisan dari Vivo T2x sebelumnya. Vivo T3X juga turut pengisian daya cepat (fast charging) berdaya 44 watt.

Baca juga: HP Vivo V30 Lite 4G Meluncur, Bawa Fast Charging 80 Watt

Vivo pun menjamin kesehatan baterai HP ini akan bertahan setidaknya selama 4 tahun dan masa pakai smartphone tetap terjaga dengan waktu yang cukup lama.

“Vivo T3X 5G lebih sekadar dari smartphone. (Sebab) ponsel menunjang pengguna melakukan sejumlah multitasking di setiap harinya dengan cara yang mudah. Kami yakin Vivo T3x 5G mampu mendefinisikan kembali pengalaman HP yang cerdas bagi pengguna,” ungkap Head of Online Business Vivo India, Pankaj Gandhi.

Spesifikasi HP Vivo T3X

Ilustrasi Vivo T3X yang dipakai untuk bermain gameVivo India Ilustrasi Vivo T3X yang dipakai untuk bermain game

Pindah ke bagian desain, Vivo T3X tampil dengan beberapa perubahan. Alih-alih menghadirkan poni menyerupai tetesan air (waterdrop), Vivo kini menyematkan sebuah punch hole di tengah atas layar untuk menampung kamera depan (selfie).

Sementara itu, di bagian punggung, modul kameranya berbentuk lingkaran, tidak lagi kotak seperti di Vivo T2X. Modul berbentuk lingkaran itu juga memiliki bingkai yang menonjol, disertai warna yang senada dengan warna punggung HP.

Vivo T3X hadir dengan layar LCD berukuran 6,72 inci dan memiliki resolusi Full HD Plus Ultra Vision Display. Layar mendukung refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan 1.000 nits dan tingkat kerapatan pikselnya 393 PPI.

Vivo VT3X dilengkapi kamera depan beresolusi 8 MP yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto selfie ataupun panggilan video. Sementara itu, kamera belakangnya masing-masing memiliki konfigurasi kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4).

Tampilan belakang smartphone Vivo T3XVivo India Tampilan belakang smartphone Vivo T3X

Kamera Vivo T3X juga mendukung perekaman 4K, fitur Hidden Photos untuk menyimpan foto yang dianggap penting secara rahasia, Portrait Photo, Panorama, Live Photo, dan masih banyak lagi.

Chip Snapdragon 6 Gen 1 tadi dipadu dengan tiga opsi RAM, yakni 4/6/8 GB dan satu opsi penyimpanan (storage) seluas 128 GB. Ruang penyimpanan juga dapat diperbesar hingga 1 TB menggunakan slot microSD.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 14 yang dipoles dengan antarmuka (UI/User Interface) FunTouch OS 14, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizChina, Kamis (18/4/2024), 

Fitur pendukung lainnya, Vivo T3X sudah mengantongi sertifikasi IP64 (tahan cipratan air dan debu), 1 nano SIM, jaringan 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, USB-C, GPS, jack audio 3,5 mm, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tanda-tanda HP Lipat Vivo X Fold 3 Pro Segera Masuk Indonesia

Harga HP Vivo T3X

Harga HP Vivo T3X beragam sesuai dengan RAM dan storage yang dipilih. Berikut ada rincian harga smartphone, seperti yang sudah dirangkum KompasTekno lewat situs resmi Vivo India.

  • Vivo T3X (4/128 GB): 13.499 rupee (Rp 2,6 jutaan)
  • Vivo T3X (6/128 GB): 14.999 rupee (Rp 2,9 jutaan)
  • Vivo T3X (8/128 GB): 16.499 rupee (Rp 3,3 jutaan)

Opsi warna yang ditawarkan adalah Crimson Bliss (cokelat) dan Celestial Green (hijau pastel).  Belum diketahui apakah Vivo T3X akan diperkenalkan ke Indonesia juga atau tidak. Nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com