Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Samsung Galaxy AI Sudah Bisa Bahasa Indonesia

Kompas.com - 27/04/2024, 10:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dinanti-nanti, Samsung akhirnya menyertakan dukungan bahasa Indonesia untuk fitur Galaxy AI, mulai Jumat (26/4/2024).

Galaxy AI adalah fitur berbasis kecerdasan bikinan Samsung yang tersedia di beberapa model HP flagship Samsung, termasuk Samsung S24 series, Samsung S23 series, dan lainnya.

Pantauan KompasTekno, Jumat malam, paket Bahasa Indonesia untuk Galaxy AI sudah bisa diunduh di perangkat Samsung S24 Ultra. Caranya, buka "Settings" > "General Management" > "Language packs".

Baca juga: Samsung S22 Series, Tab S8, Z Fold 4, dan Z Flip 4 Kebagian Galaxy AI Bulan Depan

Di sana, pengguna kini akan melihat opsi "Indonesian", mengacu pada Bahasa Indonesia. Selanjutnya tinggal klik "unduh" untuk bisa menggunakan Galaxy AI dalam bahasa Indonesia. Paket bahasa Indonesia berukuran sekitar 350,5 MB.

Setelah diunduh, pengguna bisa mendapatkan fitur Galaxy AI termasuk Live Translate, Interpreter, Chat Assist, Note Assist, Transcript Assist, dan Browsing Assist, dalam bahasa Indonesia.

Fitur Galaxy AI di Samsung S24 series resmi dukung bahasa Indonesia. Pengguna bisa menerjemahkan/transkrip teks/audio dalam bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur Galaxy AI di Samsung S24 series resmi dukung bahasa Indonesia. Pengguna bisa menerjemahkan/transkrip teks/audio dalam bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Hadirnya dukungan bahasa Indonesia di Galaxy AI bakal mempermudah pengguna yang perlu menelepon, browsing, mengirim pesan, edit foto, hingga menulis catatan dalam bahasa asing karena kini sudah bisa diterjemahkan dari dan ke Bahasa Indonesia.

Sebelumnya, saat diperkenalkan pada awal tahun ini, Galaxy AI hadir hanya dalam 13 bahasa seperti Inggris, Korea, Vietnam, dan China, tidak termasuk Indonesia.

Pengguna Samsung Galaxy di Tanah Air harus menunggu sekitar tiga bulan hingga akhirnya bisa  mendapatkan beragam fitur Galaxy AI dalam bahasa Ibu.

Baca juga: Daftar HP dan Tablet Samsung yang Kebagian Galaxy AI lewat OneUI 6.1

"Kami paham ini sudah begitu dinantikan oleh konsumen di Indonesia, jadi kami memastikan pengguna akan menikmati pengalaman yang seamless dalam berkomunikasi," kata Harry Lee, President of Samsung Electronics Indonesia dalam keterangan yang diterima KompasTekno.

"Inisiatif ini sejalan dengan komitmen kami dalam mentransformasi penggunaan AI di perangkat mobile melalui terobosan-terobosan signifikan yang bermakna," lanjut Harry Lee.

Contoh skenario penggunaan bahasa Indonesia di fitur Galaxy AI Interpreter. Pengguna kini bisa menerjemahkan lawan bicara yang berbahasa asing secara real-time dengan fitur Interpreter. Fitur ini juga diproses secara on-device, sehingga tidak membutuhkan koneksi internet.Samsung Newsroom Contoh skenario penggunaan bahasa Indonesia di fitur Galaxy AI Interpreter. Pengguna kini bisa menerjemahkan lawan bicara yang berbahasa asing secara real-time dengan fitur Interpreter. Fitur ini juga diproses secara on-device, sehingga tidak membutuhkan koneksi internet.

Selain Bahasa Indonesia, Samsung turut menghadirkan dukungan untuk bahasa Bahasa Arab dan Bahasa Rusia. Jadi, kini terdapat total 16 pilihan bahasa yang bisa dipilih pengguna.

Samsung meyakini, dengan ketersediaan pilihan bahasa yang semakin banyak, pengguna dapat merasakan pengalaman komunikasi lintas bahasa hingga berkolaborasi dengan lebih praktis, efisien, dan produktif untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik saat beraktivitas.

Semua opsi bahasa ini -termasuk Bahasa Indonesia- tersedia di semua perangkat Galaxy yang mendukung Galaxy AI, termasuk Galaxy S23 series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, serta Galaxy Tab S9 series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com