Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Trik biar HP Android Lebih Cepat dan Tidak Lemot

Kompas.com - 05/05/2024, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan HP Android untuk kegiatan sehari-hari tentu akan mempengaruhi performa kinerjanya. Terlebih lagi jika usia ponsel yang dimiliki sudah cukup lawas digunakan. Salah satunya HP menjadi lemot sehingga menganggu pengalaman pengguna saat beraktivitas dengan ponsel.

HP Android yang lemot juga biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari sistem operasi ponsel yang tidak diperbarui, kapasitas penyimpanan penuh, atau terdapat beberapa aplikasi terus berjalan di latar belakang meskipun tidak digunakan.

Nah bagi Anda yang ingin mengatasi HP Android tidak lemot lagi dan kembali berjalan normal, selengkapnya berikut ini beberapa trik yang bisa dicoba.

Baca juga: 5 Cara Bersih-bersih Laptop agar Tidak Lemot

Restart ponsel

Salah satu trik paling sederhana yang bisa Anda coba pertama kali adalah memuat ulang ponsel. Restart ponsel membantu untuk menghapus berbagai file cache dan menyegarkan kondisi ponsel.

Selain itu restart akan membersihkan memori (RAM) ponsel dari file sementara dan data aplikasi yang tidak dibutuhkan. Dengan RAM yang lebih lega, ponsel Anda bisa menjalankan aplikasi dengan lebih lancar.

Hapus aplikasi yang tidak penting

Sebagian pengguna tak jarang sering menginstal berbagai aplikasi dan kerap kembali tidak digunakan kembali dalam jangka waktu lama. Hal ini yang membuat ponsel lebih lambat karena aplikasi yang tidak terpakai nyatanya masih memakan ruang penyimpanan dan membebani RAM.

Maka dari itu hapus aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi untuk mengosongkan ruanh dan meningkatkan performa HP.

Bersihkan cache aplikasi

Cache aplikasi adalah data sementara yang disimpan untuk mempercepat akses ke aplikasi. Namun, cache yang menumpuk lama-kelamaan dapat memakan ruang penyimpanan dan memperlambat HP. Maka dari itu Anda dapat mencoba menghapus cache aplikasi ponsel Android.

Adapun cara membersihkan cache aplikasi setiap ponsel berbeda-beda. Salah satunya pengguna dapat menghapus cache melalui menu pengaturan ponsel, selanjutnya pilih salah satu aplikasi, dan hapus cache.

Memperbarui sistem operasi ponsel

Memperbarui sistem operasi ke versi terbaru membantu sistem Android dan aplikasi berjalan dengan baik. Hal ini karena update sistem operasi ponsel dapat memperbaiki bug dan meningkatkan performa yang membuat HP lebih cepat.

Ubah pengaturan animasi di layar

Ponsel Android memiliki opsi untuk mengatur kecepatan animasi tampilan, yang berguna untuk meminimalisir lambatnya respons perangkat saat digunakan. Untuk mengubah pengaturan ini, masuk ke menu “Settings”, lalu pilih “About Phone” dan “Software Information.”

Di sana, Anda akan menemukan opsi “Build Number.” Tekan opsi ini tujuh kali secara berturut-turut untuk mengaktifkan “Developer Options.” Setelah diaktifkan, kembali ke menu Settings, cari dan pilih Developer Options, kemudian temukan Window Animation Scale dan atur ke "0.5x" untuk mempercepat animasi.

Hindari menggunakan live walpaper

Untuk memutar animasi, live wallpaper umumnya menggunakan prosesor (CPU) dan unit pemroses grafis (GPU) secara lebih intensif.

Ini meningkatkan beban kerja pada CPU dan GPU, yang bisa mempengaruhi performa keseluruhan ponsel, terutama jika spesifikasi hardware ponsel tidak dirancang untuk menangani tugas berat secara terus-menerus. Maka dari itu hindari menggunakan live walpaper agar kinerja ponsel Anda tidak terlalu berat dan berjalan lebih cepat.

Optimalkan kinerja baterai

Penggunaan baterai yang berlebihan bisa cepat menghabiskan daya baterai. Hal ini umumnya terjadi karena CPU ponsel digunakan secara intensif untuk menjalankan aplikasi yang sering berjalan di latar belakang.

Untuk menangani masalah ini, Anda bisa menonaktifkan aplikasi yang memboroskan baterai dengan cara pergi ke menu Settings > Battery. Di sana, pilih aplikasi yang menggunakan banyak daya dan klik "Force Stop" untuk menghentikan aktivitas aplikasi tersebut secara langsung.

Baca juga: 3 Cara Ubah Audio menjadi Teks di HP Android dengan Mudah

Demikian beberapa trik agar HP Android lebih cepat dan tidak lemot. Selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com