Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Jaringan Seluler iPhone Tidak Ada Layanan atau “No Service”

Kompas.com - 11/05/2024, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan ponsel iPhone tak terlepas dari error yang terjadi di perangkat. Salah satunya yang kerap terjadi pada pengguna yaitu jaringan seluler iPhone tidak ada layanan atau muncul “No Service”.

Error seperti ini tentu akan menghambat pengguna dalam berkomunikasi. Terlebih lagi jika pengguna tidak terhubung dengan jaringan internet WiFi. Perlu diketahui bahwa penyebab jaringan seluler iPhone “No Service” bisa jadi dikarenakan berbagai faktor.

Mulai dari ketidaksengajaan pengguna mengaktifkan fitur mode pesawat, bug pada software, atau gangguan operator seluler. Untuk mengulas lebih lanjut, berikut ini KompasTekno merangkum penyebab dan cara mengatasi iPhone tidak ada layanan “no service”.

Baca juga: Bocoran iPhone 16 Series, Bawa Layar Lebih Luas dari iPhone 15

Penyebab dan cara mengatasi iPhone No Service

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab iPhone tidak ada layanan atau “No Service” dan cara mengatasinya.

Mode pesawat yang aktif

Salah satu penyebab iPhone No Service adalah pengguna yang tidak sengaja mengaktifkan airplane mode (mode pesawat). Mode ini biasanya diaktifkan ketika pengguna sedang berada di tempat atau lokasi tertentu, menghemat baterai, atau faktor lainnya.

Cara mengatasinya cukup mudah, pengguna bisa menonaktifkan mode pesawat dan menunggu beberapa detik hingga sinyal operator seluler muncul di layar. Apabila belum muncul hingga beberapaa menit, Anda dapat melakukan restart ponsel.

Tidak mengaktifkan roaming data

Penyebab ini bisa terjadi jika pengguna iPhone bepergian di luar negeri dan lupa mengaktifkan fitur roaming data. Hal ini yang menyebabkan sinyal atau jaringan seluluer iPhone otomatis tidak ada layanan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengecek menu “Pengaturan/Settings”, selanjutnya klik “Celuller Data”, aktifkan data seluler Anda, selanjutnya pilih “Cellular Data Options”, kemudian aktifkan “Data Roaming”. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan dengan mengaktifkan data internet roaming pada masing-masing operator seluler.

Bug pada perangkat lunak

Selain terjadi karena kelalaian pengguna, iPhone No Service atau tidak ada layanan bisa jadi disebabkan karena terjadi bug atau error pada sistem operasi. Terkadang masalah bug pada software akan mempengaruhi kinerja jaringan seluler iPhone.

Untuk mengatasinya cobalah cek pengaturan ponsel Anda. Begini langkahnya.

  • Buka “Settings”
  • Pilih “General”
  • Klik “Software Update”
  • Apabila terdapat notifikasi pembaruan, maka segera lakukan update sistem

Gangguan operator seluler

Tak hanya beberapa penyebab di atas, iPhone No Service juga bisa disebabkan gangguan operator seluler. Untuk mengatasinya Anda bisa menghubungi masing-masing operator seluler yang biasa Anda gunakan.

Tak hanya itu, jaringan seluler yang tak tersedia juga bisa jadi dikarenakan Anda berada di area atau daerah dengan sinyal lemah. Untuk penyebab ini, Anda bisa menggantinya ke jaringan WiFi atau berpindah menuju tempat lain.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi jaringan seluler iPhone tidak ada layanan atau “No Service”. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Buat Stiker WA di iPhone Tanpa Aplikasi Ketiga

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com