Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 11 dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 26/05/2024, 16:11 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui beberapa pengaturan dasar dalam mengoperasikan laptop berbasis Windows 11 agar sesuai kebutuhan. Salah satunya seperti cara mengatur kecerahan laptop Windows 11.

Kebanyakan laptop, termasuk laptop Windows 11, umumnya dibekali dengan pengaturan kecerahan layar atau brightness. Fungsinya agar pengguna bisa menyesuaikan cahaya yang tampil dilayar agar nyaman dipandang mata.

Baca juga: 2 Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Windows 11 dengan Mudah dan Cepat

Pengguna yang terbiasa mengoperasikan laptop mungkin sudah terbiasa untuk mengatur kecerahan layarnya. Namun, tak semua pengguna demikian. Lantas, bagaimana cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11?

Jika belum tahu caranya, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap scara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 di bawah ini.

Cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11

Cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 itu pada dasarnya sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Ada beberapa pilihan cara untuk mengatur brightness di layar laptop Windows 11.

Secara umum, beberapa cara itu bisa dilakukan dengan menekan tombol shortcut atau mengakses menu pengaturan. Adapun penjelasan beberapa cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 adalah sebagai berikut.

1. Dengan tombol shortcut

Cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 yang pertama adalah dengan menekan tombol shortcut. Di tiap laptop, tombol shortcut untuk mengatur kecerahan layar bisa berbeda-berbeda.

Akan tetapi, umumnya pengguna bisa menekan tombol F2 dan F3 atau F5 dan F6 di keyboard. Tombol pengaturan kecerahan layar biasanya memiliki simbol cahaya. Pengguna bisa menekannya untuk menambah atau mengurangi kecerahan layar.

2. Dengan klik kanan pada layar Home

Kedua, pengguna bisa klik kanan pada layar utama atau layar Home laptop Windows 10 untuk mengakses menu pengaturan layar. Di menu itu, pengguna nantinya bisa mengatur kecerahan layar. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan pada layar Home.
  • Kemudian, pilih menu “Display Settings”.
  • Setelah itu, pada bagian “Brightness”, geser tombol ke kanan untuk menambah kecerahan layar atas geser ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

Baca juga: 7 Cara Screenshot di Laptop Windows 11 dengan Mudah dan Praktis

3. Melalui menu pengaturan

Cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 yang ketiga adalah melalui menu pengaturan. Adapun penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows dan i secara bersamaan.
  • Kemudian, menu pengaturan akan langsung terbuka.
  • Di menu pengaturan itu, pilih menu “System” dan pilih opsi “Display.
  • Setelah itu, pada bagian “Brightness”, geser tombol ke kanan untuk menambah kecerahan layar atas geser ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

Ilustrasi cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 lewat menu pengaturan.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 lewat menu pengaturan.

4. Melalui Windows Mobility Center

Keempat, pengguna bisa mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 melalui fitur Windows Mobility Center. Adapun cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 dengan Mobility Center adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows dan X secara bersamaan.
  • Setelah itu, pilih menu “Mobility Center”.
  • Selanjutnya, laptop bakal menampilkan sejumlah pengaturan.
  • Pada bagian “Brightness”, geser tombol ke kanan untuk menambah kecerahan layar atas geser ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

Ilustrasi cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 lewat Mobility Center.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 lewat Mobility Center.

5. Melalui Action Center

Berikutnya, pengguna bisa mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 melalui Action Center atau Pusat Pengaturan. Adapun cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 10 lewat Action Center adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows dan A secara bersamaan.
  • Setelah itu, jendela Action Center akan terbuka.
  • Di jendela itu, pada bagian “Brightness” yang bersimbol cahaya, geser tombol ke kanan untuk menambah kecerahan layar atas geser ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

Ilustrasi cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 lewat Action Center.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 lewat Action Center.

Baca juga: 3 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 11, Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11? Melalui berbagai cara di atas, pengguna dapat menyesuaikan kecerahan layar laptop Windows 11 supaya nyaman dipandang mata.

Jika terlalu terang, pengguna bisa menurunkan kecerahan layar dan sebaliknya. Demikianlah penjelasan lengkap seputar beberapa cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com