Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat Pakai QR Code, Lebih Gampang

Kompas.com - 24/06/2024, 18:19 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp tengah menyiapkan fitur anyar yang akan memudahkan pengguna saat memindahkan riwayat (chat history) percakapan dari perangkat lama ke perangkat baru.

Dengan fitur “Transfer Chat” ini, pengguna cukup memindai QR Code atau kode QR untuk memindahkan riwayat percakapan

Cara ini disebut lebih mudah, praktis, dan lebih mulus (smooth) dibandingkan sebelumnya.

Sebagaimana kita tahu, biasanya untuk memindahkan riwayat percakapan dari iPhone ke Android membutuhkan kabel USB-C to Lightning atau USB-C to USB-C untuk iPhone 15 series.

Sementara itu, untuk transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone membutuhkan aplikasi bernama Move to iOS di perangkat Android. 

Kemudian, untuk Android-to Android ataupun iPhone-to-iPhone, keduanya sama-sama harus melakukan pencadangan data (backup data) lewat Google Drive atau iCloud, lalu memulihkan data (restore) di smartphone baru.

Baca juga: Trik Mudah Kirim Foto Anti-pecah di WhatsApp, Begini Caranya

Menurut situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, fitur “Transfer Chat” baru masih dalam proses pengembangan, dan baru digelontorkan dalam versi beta saja, yakni WhatsApp beta Android versi 2.24.13.6. 

Tampilan fitur Transfer Chat yang baru yang dibagikan WABetaInfoWABetaInfo Tampilan fitur Transfer Chat yang baru yang dibagikan WABetaInfo

Dalam tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan, WABetaInfo menjelaskan bahwa fitur ini akan bisa diakses lewat menu Settings > Chats > Transfer Your Chat.

Nantinya akan muncul jendela baru bertuliskan “Transfer chat history from old phone” (Pindah riwayat chat dari smartphone lama).

“Berikan akses (pada kamera) dan gunakan kamera di smartphone lama Anda untuk memindah QR kode yang ada di smartphone baru,” tulis WhatsApp. Klik “Continue” (Lanjutkan), lalu proses perpindahan data akan dimulai.

Sebaliknya, untuk smartphone yang baru, akses menu Settings > Chats > Chats Transfer juga, lalu klik tombol “Scan QR Code” untuk memindai kode QR yang muncul di smartphone lama.

Informasi soal klehadiran fitur ini masih sangat minim sehingga belum diketahui cara kerjanya secara detail. Menurut WABetaInfo, fitur ini dididesain untuk memindahkan riwayat chat lintas platform, tanpa harus bergantung pada bagian, metode, atau aplikasi tertentu.

Fitur baru WhatsApp bernama Companion Mode memungkinkan pengguna menggunakan satu nomor yang sama di dua perangkat yang berbeda. Berikut adalah ilustrasi cara menggunakan fitur Companion ModeWABetaInfo Fitur baru WhatsApp bernama Companion Mode memungkinkan pengguna menggunakan satu nomor yang sama di dua perangkat yang berbeda. Berikut adalah ilustrasi cara menggunakan fitur Companion Mode

Fitur Transfer Chat baru ini juga memiliki kesamaan dengan Companio Mode. Fitur yang memungkinkan pengguna mengakses satu akun WhatsApp yang sama di perangkat yang berbeda.

Fitur ini juga otomatis memindahkan seluruh isi pesan, media, dokumen, foto/video, bahkan stiker dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

Bisa dikatakan fitur Companion Mode menawarkan pengalaman yang sama dengn Transfer Chat yang baru, tetapi perbedaan dan cara kerja antara keduanya masih belum dapat diketahui lebih lanjut.

Baca juga: Cara Mengetahui Akun WhatsApp Tertaut dengan Perangkat Lain, Mudah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com