Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Membuat Tulisan Kosong di WhatsApp dengan Mudah, Tanpa Aplikasi

Kompas.com - 24/06/2024, 17:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa trik untuk mengoperasikan aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang perlu diketahui pengguna, terutama dalam hal pembuatan chat. Salah satu trik itu seperti cara membuat tulisan kosong di WA.

Untuk diketahui, di WhatsApp, pengguna bisa membuat pesan dengan berbagai format tulisan, termasuk tulisan dengan format kosong. Format tulisan kosong memungkinkan pengguna membuat chat yang tidak berisi karakter sama sekali.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Unik Monospace di WhatsApp dengan Mudah

Sebagai informasi, pengguna sejatinya tidak bisa membuat pesan yang tidak berisi karakter. Untuk bisa mengirim pesan di WhatsApp, pengguna setidaknya harus memasukkan satu karakter (bisa huruf atau simbol) di kolom pengetikan chat.

Akan tetapi, dengan format tulisan kosong atau invisible text, pengguna bisa membuat pesan yang tidak berisi karakter alias kosong. Format tulisan kosong sebenarnya mengandung karakter, tetapi karakter itu tidak tampak.

Ilustrasi tulisan kosong di WA.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi tulisan kosong di WA.

Alhasil, ketika dikirim di ruang obrolan WhatsApp, chat hanya memuat bubble kosong tanpa terdapat karakter yang tampak. Format tulisan kosong di WhatsApp menarik untuk dibuat karena bisa dijadikan bahan hiburan saat berinteraksi dengan pengguna lain.

Lantas, bagaimana cara menulis kosong di WhatsApp? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara membuat tulisan kosong di WA dengan mudah dan cepat.

Baca juga: 3 Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirimnya, Mudah dan Praktis

Cara membuat tulisan kosong di WA

Cara mengirim pesan kosong di WA itu pada dasarnya sangat mudah. Untuk bisa membuat dan mengirim pesan kosong di WA, pengguna tak perlu repot-repot memakai aplikasi tambahan. Terdapat beberapa cara membuat tulisan kosong di WA yang bisa dilakukan.

Misalnya, pengguna bisa memakai website dengan layanan pengolah font seperti Dardura untuk membuat tulisan dengan format kosong. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara membuat tulisan kosong di WA adalah sebagai berikut.

1. Salin font kosong

Cara membuat tulisan kosong di WA yang termudah pertama adalah dengan menyalin font kosong atau invisible text yang tersedia di bawah ini. Adapun penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

  • Salin font atau karakter kosong ini ?(?‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎ ‏‏‎). Salin hanya pada bagian tengah yang kosong dan terdapat di antara dua tanda tanda kurung.
  • Setelah disalin, tempel karakter kosong itu ke ruang obrolan WhatsApp.
  • Terakhir, silakan kirim tulisan kosong tersebut dan chat akan muncul tanpa terlihat berisi karakter sama sekali.

2. Melalui website Dardura

Cara membuat tulisan kosong di WA yang kedua adalah melalui website Dardura. Di website tersebut, tersedia banyak jenis font tulisan, termasuk tulisan kosong. Adapun penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka website Dardura ini https://fonts.dardura.com/blank-character.
  • Selanjutnya, klik opsi “Copy” di kolom font kosong untuk menyalinnya.
  • Setelah disalin, tempel karakter kosong ke ruang obrolan WhatsApp.
  • Kemudian, silakan kirim dan pesan kosong yang tidak berisi karakter sama sekali akan muncul.

Ilustrasi cara membuat tulisan kosong di WA.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat tulisan kosong di WA.

Cukup mudah bukan cara menulis chat kosong di WhatsApp? Dengan cara tersebut, pengguna bisa membuat chat dengan tulisan berformat unik yang karakternya tak tampak alis kosong. Pengguna bisa membuat tulisan kosong itu sebagai hiburan.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membuat tulisan kosong di WA dengan mudah, tanpa aplikasi tambahan. Sebagai informasi tambahan, selain format tulisan kosong, tulisan di WhatsApp juga bisa dibuat dengan beberapa format lain.

Baca juga: Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui dengan Mudah dan Praktis

Misalnya, format tulisan tebal, miring, poin, dan lainnya. Tiap format tulisan itu bisa dibuat dengan cara yang berbeda-beda. Pengguna bisa membaca cara membuat tulisan WhatsApp dengan format-format itu di artikel ini “7 Format Teks WhatsApp”.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com