Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ungkap Penyebab "Bug" iOS 17.5 yang Bikin Foto Terhapus Muncul Lagi

Kompas.com - 29/05/2024, 19:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Mac

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Apple menggelontorkan iOS 17.5.1 untuk memperbaiki masalah foto terhapus (deleted photos) yang kembali muncul di galeri. Namun, penyebab dari bug (masalah) tersebut tidak dirinci lebih lanjut.

Sejumlah pengguna iPhone yang kena dampak pun tidak puas dengan jawaban yang diberikan. Mereka khawatir dan menduga Apple menyimpan data foto yang sudah dihapus di pusat data perusahaan. Sebab, Apple hanya menyebut penyebabnya karena kerusakan basis data.

Demi meluruskan masalah yang ada, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS pun mengonfirmasi beberapa hal.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (29/5/2024), penyebabnya adalah foto yang tidak sepenuhnya terhapus dari perangkat pengguna, tidak disinkronkan ke penyimpanan cloud, iCloud.

Baca juga: Apple Rilis iOS 17.5.1, Perbaiki Bug Penyebab Foto yang Sudah Dihapus Muncul Lagi

Ilustrasi update iPadOS 17.5.1 dan iOS 17.5.1MacRumors Ilustrasi update iPadOS 17.5.1 dan iOS 17.5.1

Konten foto/video tersebut terletak dan tersimpan di ruang penyimpanan (storage) iPhone, bukan iCloud.

Apple menjelaskan bahwa file yang tersimpan di storage bisa tetap bertahan, jika pengguna menyalin data dari penyimpanan cadangan (backup), transfer file device-to-device, atau menyalin data dari iCloud Backup, bukan iCloud Photos.

Penjelasan teknis di atas ingin menekankan masalah utamanya bukan terletak pada iCloud Photos.

Bug di iOS 17.5 terjadi karena ada entri basis data yang rusak di sistem file iPhone pengguna. Adanya kerusakan basis data dan foto lawas yang sudah dihapus tidak disinkron ke iCloud Photos, menjadi penyebab utama dari bug ini.

Pernyataan ini juga menjawab kekhawatiran pengguna yang lain soal kemunculan foto lawas di perangkat lamanya yang sudah di jual.

Jadi, salah seorang pengguna menyebut foto lama miliknya muncul di iPad yang mereka jual ke salah seorang teman. Padahal, foto tersebut sudah dihapus sebelum dijual. 

Maka dari itu, Apple menyarankan pengguna melakukan beberapa langkah untuk menghapus konten/file yang sudah terhapus secara permanen. Cara ini bisa dilakukan dengan mengakses menu Settings (Pengaturan) > General (Umum) > Transfer of Reset > Erase All Content and Settings.

Dengan mengikuti langkah ini, Apple menjamin bahwa seluruh konten bakal terhapus secara permanen di iPhone ataupun iPad pengguna.

Potensi foto lama muncul kembali sudah tidak ada. Perusahaan teknologi berlogo buah apel itu juga mengungkapkan masalah ini jarang terjadi dan hanya berdampak pada segelintir pengguna.

Apple juga menjamin pihaknya tidak mengakses data konten foto dan video pengguna di Photos. 

Baca juga: Pengguna iPhone yang Update iOS 17.5 Kaget, Foto yang Lama Dihapus Muncul Lagi

Laporan pengguna

Apple merilis sistem operasi iOS 17.5 untuk pengguna iPhone secara global, pada Senin (13/5/2024). 
MacRumors Apple merilis sistem operasi iOS 17.5 untuk pengguna iPhone secara global, pada Senin (13/5/2024).

Sedikit informasi, keluhan bug di iOS 17.5 sempat ramai dibicarakan di forum online Reddit. Sejumlah pengguna melaporkan foto pribadi yang sudah dihapus sejak 2021 muncul kembali.

“Saya kerap menghapus empat foto yang diambil 2010 dan konten tersebut kembali muncul sebagai konten terbaru yang diunggah ke iCloud,” ungkap salah seorang pengguna.

“Hal yang sama juga terjadi padaku. (Ada) enam foto dengan rentang waktu berbeda, sudah jelas saya hapus, dan (foto itu) kembali muncul sebagai foto yan baru diunggah (recently uploaded) pada 2023,” tambah pengguna lain.

Tidak lama berselang laporan diunggah, Apple langsung menggelontorkan sistem operasi iOS 17.5.1 dan iPadOS 17.5.1. Adanya penjelasan Apple soal masalah di atas menandakan pengguna tidak perlu dikhawatirkan karena keamanan dan privasi di iPhone dan iPad tetap terjamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com