Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Sepatu Pintar, Bisa Kontrol Ponsel dengan Gerakan Kaki

Kompas.com - 19/06/2024, 10:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung telah meluncurkan sepatu pintar The Shortcut Sneaker.

Sepatu pintar ini merupakan hasil kolaborasi antara Samsung, desainer sepatu Roel van Hoff, serta perusahaan Cheil Benelux, Elitac Wearables, dan Brut Amsterdam.

Sepatu yang dijuluki Samsung sebagai "sepatu masa depan" ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol smartphone Samsung dengan gerakan kaki. Gerakan kaki yang berbeda menghasilkan tindakan yang berbeda pula di ponsel.

Baca juga: Sepatu Langka Apple x Adidas Laku Terjual Rp 156 Juta

Ada sebanyak lima tindakan pintasan (shortcut) yang bisa dilakukan dengan lima gerakan kaki berbeda. Samsung hanya menjelaskan sejumlah pintasan tersebut.

Salah satunya adalah gerakan kaki ke belakang (moonwalk) ala musisi asal Amerika Serikat Michael Jackson, yang memungkinkan pengguna sepatu pintar untuk melakukan panggilan telepon.

Panggilan telepon juga bisa dilakukan dengan membenturkan kedua sepatu satu sama lain, seperti yang ditunjukkan oleh Roel van Hoff dalam video YouTube resmi Samsung Belanda di bawah ini, tepatnya pada detik ke-19.

Selain itu, pengguna dapat memutar musik dengan melakukan gerakan tarian ketuk (tap dance). Dalam tarian ini, pengguna memanfaatkan suara ketukan sepatu yang membentur lantai sebagai bentuk perkusi.

Adapun sederet tindakan ini dimungkinkan karena kehadiran sensor gerak di kedua sol sepatu, yang mampu melacak posisi sepatu satu sama lain. Samsung tidak menjelaskan mekanismenya secara mendetail.

Baca juga: PC Berbentuk Sepatu dari Cooler Master Dijual Rp 72 Juta

Secara desain, sepatu pintar Samsung ini terinspirasi dari produk Samsung Galaxy series, sehingga menggunakan desain yang berkaitan dengan meteorit dan supernova.

The Shortcut Sneaker memadukan warna hitam, putih, dan abu-abu. Di bagian belakang sepatu, terdapat teks "Samsung" berwarna putih.

Bagian atas alias lidah (tongue) sepatu dihias dengan tulisan "Join the flip side", yakni slogan Samsung untuk ponsel lipat (foldable) bikinannya.

The Shortcut Sneaker tidak dijual baik lewat situs Samsung maupun peritel sepatu (sneaker).

Samsung hanya membuat enam pasang sepatu pintar ini, yang akan dibagikan (giveaway) secara gratis untuk Samsung Members, yakni komunitas pengguna Samsung Galaxy, di Belanda.

Pengguna Samsung Members Belanda mesti masuk (login) ke situs resmi Samsung, kemudian mendaftarkan dirinya hingga tenggat waktu 9 Juli 2024.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini nantinya akan mengumumkan pemenang The Shortcut Sneaker pada 15 Juli 2024, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Rabu (19/6/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com