Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Dunia Games Telkomsel Kini Ada Live Streaming, Bisa Dapat Cuan

Kompas.com - 19/06/2024, 15:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel telah meluncurkan platform hiburan Dunia Games (DG) versi terbaru, Kamis (13/6/2024).

Dunia Games versi situs (website) dan aplikasi mobile di Android kini memiliki fitur live streaming, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video secara real-time (streaming) dan memperoleh "cuan" atau pendapatan.

Menu Live streaming bisa langsung diakses di halaman utama situs atau aplikasi Dunia Games. Alternatifnya, pengguna bisa mengeklik tautan berikut ini.

Fitur live streaming di Dunia Games bermacam-macam. Salah satunya adalah fitur All Play yang memungkinkan setiap pengguna Dunia Games membuat akun dan melakukan streaming di platform itu.

Baca juga: Telkomsel Siap Jadi Operator Seluler Pertama yang Adopsi WiFi 7

Ada pula fitur Streaming Multi-Platform sehingga pengguna dapat streaming secara lintas platform baik di website maupun di aplikasi Android. Video live stream ini nantinya bisa ditonton di website, web seluler, dan aplikasi Android.

Berikutnya, Dunia Games turut dibekali fitur Share Screen yang memungkinkan pengguna live streaming dari ponsel, Playback untuk perekaman live streaming, dan Interaction untuk mengirimkan stiker.

Untuk mendukung para streamer, pengguna bisa melakukan Gifting untuk memberikan komentar, suka, atau mengikuti akun streamer.

Ada pula sistem Earning yang mendukung para streamer lewat penghasilan stiker. Penghasilan ini nantinya ditransfer ke akun aplikasi keuangan digital LinkAja.

"Kami sangat antusias dengan peluncuran fitur Live Streaming di platform Dunia Games," kata Nirwan Lesmana selaku Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, dalam keterangan yang diterima KompasTekno.

"Kami berharap dengan hadirnya fitur baru ini, kami dapat memberikan pengalaman yang lebih menyeluruh dan menyenangkan bagi komunitas gamer di Indonesia, serta mendukung kemajuan ragam potensinya," imbuhnya.

Cara streaming di Dunia Games

Cara live streaming di Dunia Games.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara live streaming di Dunia Games.
Cara live stream di Dunia Games bisa dilakukan dengan membuka situs dan aplikasi Dunia Games di ponsel Android, atau situs Dunia Games di browser komputer (PC).

Pengguna HP Android bisa mengunduh aplikasi Dunia Games di tautan ini, sementara pengguna PC bisa mengunduhnya di Microsoft Store berikut.

Tahap berikutnya, pengguna harus mendaftarkan akun terlebih dahulu. Pengguna diberi pilihan membuat akun dengan nomor telepon, Google, e-mail, dan media sosial X (dahulu Twitter).

Baca juga: Telkomsel Rilis Paket Data Streaming Anime Crunchyroll mulai Rp 36.000

Begitu masuk, pengguna diinstruksikan untuk memilih nama (username) dan foto profil. Pembuatan profil pun rampung.

Pengguna nantinya akan kembali ke halaman utama Dunia Games, kemudian mengetuk foto profil yang terletak di bagian kanan atas situs (atau sebelah kanan bawah jika memakai aplikasi). Pilih "Pengaturan" dan ketuk "Livestream Saya".

Di sini, pengguna akan disambut menu "Start Streaming" (Memulai streaming).

Sebelum menekan tombol tersebut, pengguna akan mengubah pengaturan live streaming di menu "Edit", misalnya mengubah judul, gambar thumbnail, dan judul game yang ingin dimainkan.

Judul game yang bisa dipilih bermacam-macam, mulai dari Mobile Legends, Free Fire, Genshin Impact, hingga PUBG Mobile.

Terakhir, izinkan akses kamera dan mikrofon ke Dunia Games, lalu mulai streaming dengan mengetuk tombol "Start Live" (Mulai Live). Jika menggunakan browser di PC, pengguna diminta untuk membuka aplikasi perekam video OBS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com