Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spacetop G1 Dirilis, Laptop AR Pertama di Dunia Tanpa Layar Fisik

Kompas.com - 21/06/2024, 17:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal Israel, Sightful resmi meluncurkan laptop Spacetop G1, yang diklaim sebagai laptop augmented reality (AR) pertama di dunia. Laptop ini sudah diperkenalkan sejak Januari lalu.

Augmented reality atau realitas tertambah adalah teknologi yang menampilkan konten digital dalam dunia nyata.

Laptop Spacetop G1 tidak memiliki layar fisik yang konvensional sehingga berbeda dari laptop pada umumnya.

Sebagai gantinya, Spacetop G1 dibekali kacamata NReal, yang mampu menampilkan layar virtual seluas 100 inci. Layar besar ini hanya bisa dilihat oleh pengguna yang mengenakan kacamata itu.

Pengguna dapat memanfaatkan layar ini secara keseluruhan, atau "membaginya" menjadi jendela yang berbeda-beda, misalnya satu jendela digunakan untuk membuka peramban (browser), dan satu jendela lainnya digunakan untuk software Microsoft PowerPoint.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Ikon WiFi di Laptop Windows yang Hilang

Kacamata yang terhubung dengan laptop via kabel ini menggunakan dua layar OLED di masing-masing lensa, dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel per lensa, refresh rate 90 Hz, dan bidang pandang diagonal 50 derajat.

Aksesori ini mempunyai bobot 81,6 gram, dan dilengkapi lensa resep khusus dari -8.00D (dioptri) hingga +6.00D.

Untuk bodinya, lantaran tidak dibekali layar, Spacetop G1 hanya memiliki keyboard dan cover seperti yang biasanya dipasangkan ke tablet.

Bedanya, bagian cover yang biasanya digunakan untuk melapisi punggung tablet, kini dilengkapi kamera webcam 5 MP dan lubang untuk menaruh kacamata NReal.

Bodi laptop yang dikembangkan lebih dari 60 pakar komputasi spasial di Apple, Microsoft, dan Magic Leap ini dibekali keyboard QWERTY. Keyboard dengan 79 key ini tidak mempunyai tombol Numpad untuk input angka secara cepat.

Laptop AR Spacetop G1PCWorld Laptop AR Spacetop G1
Di atas kertas, laptop ini mempunyai dimensi 12,9 mm x 61,9 mm x 299,9 mm dengan bobot 1,39 kilogram. Dengan dimensi dan bobot ini, Spacetop G1 lebih ringkas saat dibawa bepergian dan bekerja.

"Laptop ini sangat penting bagi kehidupan kerja kita sehari-hari, tetapi teknologinya belum berevolusi untuk mengadopsi mentalitas 'kerja dari mana saja (work from anywhere)," kata CEO dan Co-Founder Sightful, Tamir Berliner.

"Sementara itu, augmented reality terbilang menjanjikan tetapi masih kurang dapat digunakan sehari-hari. Spacetop G1 adalah langkah pertama menuju paradigma yang baru," lanjutnya.

Baca juga: Laptop Augmented Reality Pertama Punya Layar 100 Inci

Untuk dapur pacu, laptop AR ini diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon QCS8550 dengan unit pemrosesan pusat (CPU) Kryo dan unit pengolah grafis (GPU) Adreno 740.

System-on-Chip (SoC) ini dipadankan dengan RAM LPDDR5 16 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 3.1 128 GB. Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Chrome OS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com