Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DVDirect, Alat Transfer Terbaru Sony

Kompas.com - 07/02/2008, 22:52 WIB

JAKARTA, KAMIS - Sony Indonesia memperkenalkan generasi terbaru DVD Recorder, DVDirect, yang multifungsi dan dapat mentransfer video berformat high definition dan foto digital langsung ke cakram DVD tanpa perlu menggunakan komputer. VRD-MC5 dapat mentransfer video kualitas AVCHD langsung ke DVD dengan resolusi 1080i HD aslinya pada saat terhubung langsung dengan hard drive atau camcorder Memory Stick Handycam dari Sony.

Hasil DVD-nya dapat diputar pada pemutar Blu-ray Disc yang sesuai, termasuk drive komputer, dan juga PlayStation 3 (PS3). VRD-MC5 juga dapat mentransfer video berformat standard-definition ke DVD langsung dari camcorder apa saja tanpa harus menggunakan komputer, VCR, atau perekam digital video lainnya.

Model gres ini memiliki input Digital Video (i.LINK/FireWire/IEEE-1394), S-Video, Composite Video, dan USB (untuk hard drive Sony, DVD, dan camcorder Handycam Memory Stick kompatibel dengan semua Handycam Sony baik MiniDV, DVD, HDD maupun Memory Stick. Hasil rekaman DVD yang dihasilkan dapat diputar di hampir semua pemutar DVD yang ada di pasaran saat ini.

Selain itu, VRD-MC5 dapat merekam langsung foto-foto digital ke DVD untuk slideshow atau sekedar untuk menyimpan foto yang tersimpan dalam 5 tipe kartu memori paling popular dan paling sering digunakan pada kamera digital saat ini. Terdapat slot untuk media Memory Stick Pro dan Memory Stick Pro Duo, Compact Flash, Secure Digital (SD/SDHC), xD-picture card, atau melalui USB dari hard drive Sony, DVD, dan camcorder Handycam Memory Stick. Penggunanya juga dapat meng-import file musik dari pemutar MP3 mereka sebagai backsound-nya.

DVDirect terbaru ini memiliki layar LCD warna ukuran 2,5 inci built-in agar penggunanya dapat dengan mudah melihat video atau hingga enam gambar foto digital sekaligus sebelum dipindahkan ke DVD. Dengan adanya fitur automatic DVD menu dan title creation, model terbaru ini menawarkan empat preset menu untuk background dan juga kemampuan untuk meng-import gambar berformat JPEG yang dapat digunakan sebagai background menu pada DVD. Terdapat juga automatic DVD chaptering setiap 5, 10 atau 15 menit dan juga stop-timer recording.

Pada sebuah cakram DVD 4.7GB DVD+R/+RW, VRD-MC5 sanggup merekam hingga enam jam video dengan format standard-definition, hingga 95 menit jika videonya dalam bentuk AVCHD™, atau hingga 2.000 gambar digital. VRD-MC5 dapat merekam video standard-definition hingga 12 jam pada sebuah cakram DVD 8.5GB DVD+R double layer yang kompatibel digunakan dengan input DV, S-Video, atau Composite video. Model DVDirect terbaru ini juga dapat mempertahankan kualitas suara Dolby

Digital 5.1 surround sound, dan juga aspect ratio 4:3 dan 16:9 pada camcorder yang kompatibel.DVDirect dan camcorder Sony Handycam adalah sebuah kombinasi yang unik. Dengan menghubungkan camcorder Sony Handycam HDR-SR5, HDR-SR7, dan HDR-CX7, pengguna dapat memindahkan video high-definition dengan resolusi 1080i aslinya ke DVD dalam format AVCHD. Video high-definition dengan durasi hingga 95 menit dapat direkam ke DVD untuk diputar pada pemutar Blu-ray Disc yang kompatibel.

Saat merekam dari standard-definition, dari hard drive Sony AVCHD, atau dari Handycam Memory Stick ke DVD, pengguna memiliki pilihan untuk merekam seluruh kontennya atau hanya merekam konten terakhir yang didapatkan sejak proses rekaman ke DVD yang terakhir, atau dengan menggunakan pilihan rekaman scene selection / date selection/playlist.

Mode perekaman scene selection dan date selection memungkinkan penggunanya untuk memilih klip-klip video atau foto untuk direkam ke disc melalui layar LCD warna ukuran 2,5 inci built-in. Perekam DVDirect VRD-MC5 akan tersedia di pasaran mulai bulan Januari ini dengan harga kisaran pasar Rp 2.799.000. (PersdaNetwork/HBK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com