Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WOW m700 Moonraker

Kompas.com - 28/03/2008, 14:26 WIB

Inilah sebuah ponsel GSM masa depan, yang lain dari yang lain. Wujudnya jam tangan yang gagah, lengkap dengan layar sentuh. Fiturnya kurang lebih sama dengan sebuah ponsel GSM plus fasilitas PMP, termasuk video player, image viewer, audio player, sound recorder, game, stopwatch, organizer (To-Do List, Calculator, Alarm), dan fasilitas Health.

Cuma jika kartu SIM tidak diselipkan ke bagian belakang unit, kita hanya dapat  menikmati m700 sebagai sebuah PMP (portable media player). Sedangkan fungsi jamnya otomatis lenyap ketika batere ponsel terkuras habis. Tampilan penunjuk waktu ini juga tidak setiap saat aktif, demi menghemat usia batere. Jadi ketika ingin tahu waktu, kita perlu menyentuh layarnya.

Secara fisik, m700 yang berbadan hitam ini terlihat macho, diperhalus dengan aksen merah di bagian sisi. Tali jam yang terbuat dari karet hitam bisa dipisahkan dari badan jam (dan harus, jika ingin memasang kartu SIM).

Alhasil, sebenarnya kita bisa saja cuma mengantongi sang jam tangan (tanpa tali). Akan tetapi di tali jam itulah tempat bersarang stylus yang bisa dipanjang/pendekkan. Jadi kalau stylus-nya tidak dibawa (dengan resiko ketinggalan) dan dipakai, kita akan kesulitan menulis SMS di layar sentuh nantinya. Sejujurnya, menulis SMS di layar sentuh ini membutuhkan latihan.

Panel samping m700 memamerkan 'kotak' berlubang-lubang, yang merupakan satu, bukan dua, speaker. Tidak mengherankan jika saat mengusung fitur multimedia, alias musik MP3, suara yang diperdengarkannya – kendati keras – kurang bulat.

Mungkin karena itulah, dalam paket m700 disertakan sebuah earphone model in-ear berwarna putih, khusus untuk mendengarkan musik. Sedangkan untuk mendukung percakapan telepon, tersedia sebuah Bluetooth earphone yang harus dicantelkan di telinga (ear clip). Sebelum bisa digunakan, earphone Bluetooh ini perlu di-charge (via kotak adapter yang disertakan) selama 1 jam 23 menit.

Yang istimewa, jam ini – layaknya ponsel masa kini -- dibekali fungsi kamera dengan sensor CMOS. Resolusinya tidak terlalu tinggi, 1,3 megapixel, sehingga hasilnya kurang tajam. Lensa kamera ini terletak di salah satu sisi badan, tepat di atas lubang-lubang speaker.

Hasil bidikan boleh disimpan di kartu memori microSD. Ya, m700 ini sudah mengemaskan slot kartu microSD yang bersembunyi di balik cover karet, sejajar dengan port miniUSB. Dalam kemasannya sudah dibonuskan sebuah kartu microSD berkapasitas 1GB – cukup untuk menyimpan file audio, video, dan image.

Selain untuk memotret, keberadaan fasilitas kamera menyebabkan pengguna m700 juga bisa merekam video. Ini khususnya bermanfaat bagi mereka yang ingin merekam gambar bergerak maupun diam tanpa terdeteksi (candid camera).

Namun menurut kami, memotret maupun merekam video saat jam melingkar di pergelangan tangan tidak terlalu mudah dilakukan. Jadi saran kami, lepaskan jam dari talinya dulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com