Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

USB Superspeed Akhirnya Dipaparkan

Kompas.com - 19/08/2008, 09:03 WIB

JAKARTA, SELASA – Apa saja yang baru pada USB 3.0 ini? Pertama, kecepatannya diklaim 10x USB2.0, alias – secara teori – 4,8Gbps. Jika diterjemahkan, file berukuran 27GB akan tuntas disalin dalam tempo 70 detik.

Yang menarik, USB 3.0 ini membedakan jalur untuk upload dan download. Artinya, kita bisa melakukan copy dan write sekaligus tanpa ada perlambatan kecepatan. Selain itu USB 3.0 ini ber-power lebih besar (mencapai 900 miliamp) sehingga lebih banyak perangkat bisa diisi ulang (charge) secara lebih cepat.

Tentu saja USB 3.0 ini sepenuhnya akan kompatibel dengan perangkat sebelumnya yang mengusung USB 2.0 dan USB 1.1/1.0.

Satu-satunya yang mungkin mengecewakan adalah kabel USB 3.0 ini agak lebih tebal – mirip milik Ethernet.

USB 3.0 ini akan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk konektor mini, dan diperkirakan akan menjadi solusi de facto untuk ponsel dan perangkat portabel.

Sayangnya kita masih harus bersabar untuk bisa memilikinya karena controller USB 3.0 baru diproduksi massal pada pertengahan 2009. Produk USB 3.0-nya sendiri diperkirakan muncul pada awal tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com